Tahapan Pembayaran Pajak Online

Pembayaran Pajak Online
Pembayaran Pajak Online 

Dibukanya layanan pembayaran pajak  online merupakan bentuk pemerintah dalam meningkatkan layanannya kepada masyarakat. Sehingga proses pembayaran pajak semakin mudah yang membuat wajib pajak merasa lebih nyaman menunaikan kewajibannya pada negara. Pasalnya pajak sendiri termasuk ke dalam pemasukan negara yang nantinya dipakai untuk kepentingan masyarakat di negara tersebut, hal yang sama berlaku di Indonesia. Ketika banyak yang melalaikan kewajiban pembayaran pajak ini maka proses pembangunan dan pengembangan fasilitas publik akan terpengaruh. 

Kondisi ini memang lumrah ditemui terutama di negara berkembang, maka dari itu pemerintah pun berupaya meningkatkan kesadaran warganya untuk membayar pajak tepat waktu dan sesuai ketentuan. Awalnya untuk membayar pajak apapun memang membuat wajib pajak kelimpungan dengan segala proses yang tahapannya ribet sekaligus menyita banyak waktu maupun tenaga. Diharapkan dengan sistem yang dibuat online ini meringankan beban wajib pajak supaya lebih tertib dan memang memiliki kesadaran penuh akan kewajiban ini. 

  • Manfaat E-Billing atau Pajak Online 

Keberadaan sistem yang tadinya dibuat manual kemudian berbasis online tentu menunjukan kemajuan, dan menawarkan manfaat menarik. Khusus untuk kasus e-billing ini Anda bisa mencicipi manfaat berikut: 

Baca Juga :

Meningkatkan kemudahan dalam transaksi pembayaran pajak model apapun. 
Menghilangkan kemungkinan kesalahan memasukan data transaksi pembayaran pajak tersebut. 
Data wajib pajak beserta transaksinya lebih real-time karena langsung tersimpan di database Ditjen Pajak. 

  • Tahapan dalam Pembayaran Pajak Melalui Internet 

Bisa dikatakan proses pembayaran pajak online jauh lebih sederhana sehingga dilihat dari segi manapun paling efisien. Anda selain mendapatkan kemudahan juga membantu menghemat waktu dan tenaga sehingga prosesnya lebih nyaman. Secara umum proses pembayaran pajak satu ini akan melewati dua tahap dan baiknya dicermati supaya tidak melakukan kesalahan. Awalnya Anda perlu membuat kode e-billing yang hanya bisa dibuat melalui situs Ditjen Pajak atau aplikasi di handphone. baru kemudian melakukan pembayaran, lebih detailnya Anda bisa menyimak uraian berikut: 

Pembuatan kode e-billing, 
Pembuatan kode e-billing ini menjadi awal supaya Anda bisa menemukan berapa nilai pajak yang perlu dibayarkan. Memperoleh kode ini Anda bisa memakai beberapa cara, diantaranya adalah: 
  • Menggunakan aplikasi resmi PajakOnline yang dirilis oleh Ditjen Pajak. 
  • Melalui jasa bank dengan bertemu teller di perbankan yang ditunjuk, misalnya di Bank BNI, Mandiri, Citibank, BCA, ataupun ke kantor pos. 
  • Memakai layanan SMS bagi pengguna provider Telkomsel dengan menekan nomor *141*500#. 
  • Menggunakan layanan KringPajak dengan menelpon nomor 1-500-200. 
Proses pembayaran tagihan pajak, 
Setelah memperoleh kode e-billing maka selanjutnya Anda sudah bisa mengecek nilai pajak yang harus dibayarkan. Otomatis Anda perlu segera membayarnya, pembayaran ini bisa melalui beberapa metode, yaitu: 
  • Membayar melalui aplikasi OnlinePajak khusus bagi nasabah Bank BNI dan juga Citibank. Memanfaatkan layanan mesin ATM. 
  • Menggunakan layanan pembayaran elektronik dari bank, seperti mobile banking, internet banking, dan sebagainya.
Tahapan untuk membayar pajak melalui internet tentu tidaklah sulit, dan membantu Anda menghemat waktu secara signifikan. Anda yang tadinya perlu menunggu antrian panjang di kantor pajak terdekat kini bisa dipangkas sebab semuanya dilakukan secara online. Bersama layanan berbasis online ini maka proses pembayaran pajak terbilang hemat tenaga sebab bisa Anda lakukan kapan saja dan dimana saja. Selama koneksi internet mendukung maka layanan pembayaran pajak online bisa Anda akses tanpa batasan waktu dan hari kerja. 


0 Response to "Tahapan Pembayaran Pajak Online "

Post a Comment

wdcfawqafwef