Inilah Alasan Kegiatan Sahur On The Road Dilarang

sahur on the road
sahur on the road 

Datangnya bulan suci ramadhan tentu akan membawa semua umat muslim untuk memanfaatkannya dengan baik serta memperbanyak ibadah dan juga berlomba-lomba mencari pahala dimana pada hari puasa pahala yang di dapat akan berlipat ganda. Akan tetapi tidak sedikit yang sering melakukan sahur on the road atau SOTR pada saat bulan ramadhan tiba. Namun untuk kegiatan yang satu ini dari pihak pemerintah sudah melarang akan hal ini untuk dilakukan.

Kegiatan tersebut dilarang dilakukan karena dianggap mengganggu keamanan, ketertiban serta kenyamanan. Sehingga agar tidak rawan kecelakaan maka hal tersebut sangat dilarang, sehingga untuk memastikan bahwa tidak adanya konvoi di jalanan selama bulan ramadhan, maka polisi pun melakukan patroli pada setiap harinya, agar para masyarakat faham, bahwa hal tersebut dapat mengganggu keamanan serta ketertiban di jalanan. Agar puasa yang dijalankan dapat berjalan secara khusuk dalam menjalankan setiap ibadah nya.

Berbagi ataupun bersedekah itu tidak dilarang dalam agama asalkan sesuai dengan peraturan juga, karena dalam kegiatan sahur on the road dianggap merugikan orang lain ataupun tetangga yang ada di sekitaran. Maka dengan hal tersebut polisi menganjurkan para seluruh warga agar melakukan sahur dirumah atau bisa juga di masjid pada bulan ramadhan. Dari pihak polisi pun juga akan memberikan surat edaran terkait dengan kegiatan berbagi santapan baik berbuka maupun sahur, terutama pada anak sekolah.

Djarot saipul selaku Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta telah melarang kegiatan ini karena kegiatan ini memiliki tingkat potensi permasalahan yang jauh lebih banyak serta memiliki dampak negatif yang tinggi, sehingga kegiatan sahur tidak perlu dilakukan di SOTR, hal tersebut demi kebaikan serta keselamatan semua pihak yang bersangkutan. Sehingga diharapkan bahwa para warga dapat mengerti atas himbauan tersebut dengan tidak nekat menggelar acara SOTR, karena Djarot telah mempersiapkan segala sanksi bagi para warga yang telah melanggar himbauan yang telah diedarkan tersebut. Sehingga bagi para warga alangkah baiknya jika hal tersebut diambil hikmah dan juga dari segi positifnya.

Baca Juga :

Banyak para warga yang mengendarai motor tidak pada aturan dimana mereka banyak menggunakan motor dengan knalpot yang sengaja dimodifikasi yang membuat suara knalpot tersebut bising ditelinga. Selain hal itu banyak juga para pengendara motor yang tidak menggunakan peralatan keamanan diri misal pada helm. Kebanyakan dari mereka itu bertujuan untuk melaksanakan sahur, akan tetapi hanya saja berkeliling-keliling di jalanan yang membuat kondisi jalanan menjadi ribut. Dengan hal ini pihak polisi lah yang akan menertibkan para warga dan juga akan dikenakan sanksi apabila melanggarnya, karena peraturan itu untuk di patuhi, bukan untuk dilanggar.

Adapun beberapa hal yang akan diperiksa dalam kegiatan SOTR:

  • Kelengkapan surat sepeda motor.
  • Perlengkapan sepeda motor.
  • Perlengkapan keamanan diri.

Ketika pihak polisi melakukan pengecekan, ternyata banyak yang menggunakan kendaraan bermotor yang bodong tanpa mengenakan helm untuk keamanannya, serta tidak memiliki surat-surat kendaraan pada umumnya. Di jalanan pun mereka juga berteriak-teriak dan juga suara knalpot yang bising membuat para warga yang ada di sekitaran merasa terganggu. Sehingga kegiatan tersebut sangat dilarang karena hal tersebut dapat menimbulkan keributan pada jalan raya serta berpotensi mengganggu kenyamanan para masyarakat, karena pada kegiatan sahur on the road banyak yang tidak memiliki izin, maka sebaiknya sahur dilakukan dirumah ataupun di masjid.

0 Response to "Inilah Alasan Kegiatan Sahur On The Road Dilarang"

Post a Comment

wdcfawqafwef