Biaya Balik Nama Motor Itu Murah dan Mengurusnya

Biaya Balik Nama Motor
Biaya Balik Nama Motor

Biaya balik nama motor - Bagi Anda yang berencana mengatur keuangan sebaik mungkin sejak muda tentu tidak keliru jika memilih membeli kendaraan bekas, baik mobil maupun motor. Apalagi ada banyak keuntungan yang bisa diraih tatkala memilih kendaraan bekas tersebut. Khusus bagi Anda yang memilih motor bekas tentu bisa mendapati harga lebih murah begitu pula dengan biaya pajaknya. Apabila mendapati STNK mobil hendak habis maka perlu mencari KTP pemilik lama untuk memperpanjang STNK tersebut. 

Membeli motor bekas membuat STNK yang Anda terima masih memiliki nama pemilik pertama sehingga untuk perpanjangan butuh KTP pemilik terdahulu. Apabila pemilik pertama lumayan sulit ditemui karena lokasi yang berjauhan atau mungkin sudah pindah atau meninggal. Maka tidak ada cara yang lebih praktis selain mengurus balik nama. Banyak orang yang pertama kali mendengar istilah ‘balik nama’ langsung menelan ludah, sebab identik dengan proses lama dan berbelit sekaligus biaya yang besar. 

Apakah benar demikian? Ternyata tidak, asalkan Anda paham caranya dijamin tidak ribet dan dalam waktu tidak sampai seharian sudah selesai. Biaya yang membengkak karena Anda kebanyakan mondar-mandir sehingga butuh uang bensin, jajan, dan sebagainya selama mengurus. Nah, kini adanya internet membuat Anda bisa mencari informasi sebanyak mungkin supaya tidak linglung saat mengurus perpanjangan STNK. Internet menyediakan banyak informasi dan menariknya perpanjangan ini bisa melakukan pendaftaran secara online. 

Persyaratan Dokumen yang Disiapkan 

Langkah awal sebelum mengetahui biaya balik nama motor adalah mencari tahu dokumen yang wajib dibawa ke Samsat apa saja. Dokumen wajib tersebut antara lain: 

  • KTP asli untuk Anda selaku pemilik baru dan fotocopy KTP untuk pemilik lama. 
  • BPKB dan STNK dalam bentuk asli sekaligus fotocopy. 
  • Kuitansi atau bukti pembelian mobil yang dicetak dealer dan wajib ditambahkan materai. 

Tahapan Balik Nama untuk Sepeda Motor 

Tahapan ini akan berbeda jika Anda membeli motor yang Samsat berbeda dengan Samsat di dalam STNK, maka perlu datang dulu ke Samsat yang tercantum di STNK tersebut. Jadi Anda nantinya datang dua kali ke Samsat yang berbeda lokasi untuk mengurus administrasi yang diperlukan. Soal biaya tentu tiap daerah memberlakukan tarif berbeda sesuai dengan peraturan Samsat setempat. Namun jika sama maka Anda bisa langsung ke kantor Samsat yang tercantum di STNK untuk melakukan pengurusan balik nama. 


Adapun langkah atau tahapan untuk mengurus balik nama kendaraan bermotor yang Anda beli adalah sebagai berikut: 

  • Kunjungi kantor Samsat tujuan lalu datang ke loket 1 untuk mengisi formulir balik nama, sembari petugas Samsat melakukan cek fisik kendaraan. 
  • Lalu masuk ke loket mutasi BPKB dan mengisi formulir serta dokumen yang diperlukan, biasanya pendaftaran online sudah mendapatkan kuitansi online. 
  • Segera masuk ke loket pembayaran untuk membayar biaya STNK. 
  • Kembali ke loket mutasi BPKB untuk menyerahkan fotocopy STNK dan struk pembayaran tadi ke petugas, lalu mendapatkan dokumen untuk mengambil BPKB sekitar 3 minggu mendatang. 
  • Carilah loket plat nomor dan serahkan fotocopy STNK dan struk pembayaran pajak STNK, maka Anda akan mendapatkan STNK baru sudah atas nama Anda. 

Biasanya orang yang anti dengan keribetan dan mengisi formulir tertentu akan meminta bantuan pada pihak ketiga. Padahal bantuan ini tidak terlalu diperlukan karena mengurus sendiri terbilang mudah dan tentunya lebih murah, sekaligus Anda punya pengalaman yang menarik untuk dibagikan. Soal biaya balik nama motor Anda tidak perlu was-was, sebab tidak sampai ratusan ribu.

0 Response to "Biaya Balik Nama Motor Itu Murah dan Mengurusnya "

Post a Comment

wdcfawqafwef