Alasan Resign Karyawan yang Perlu Diwaspadai

alasan resign
alasan resign 

Resign atau mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan, merupakan hal wajar yang sering kita jumpai dilakukan oleh mereka yang memiliki status sebagai seorang pekerja. Berbagai alasan tentunya banyak dijadikan hal mendasar yang selalu dijadikan oleh seorang karyawan untuk mengajukan pengunduran diri pada perusahaan tempat mereka bekerja. Banyaknya peluang kerja lain yang lebih menjanjikan dalam hal karir ataupun pendapatan menjadi alasan resign yang paling banyak digunakan oleh para pekerja dalam mengajukan pengunduran diri pada perusahaan tempat mereka bekerja saat ini. Tidak hanya alasan tersebut diatas saja yang selalu menjadi dasar dalam pengunduran diri seseorang, namun masih banyak alasan lain yang mereka kemukakan. Berikut ini sedikit bahasan mengenai alasan lain yang biasa digunakan untuk mengajukan pengunduran diri pada sebuah perusahaan.

Selain peluang lain yang lebih menjanjikan, lingkungan kerja saat ini yang tidak nyaman, juga banyak dijadikan alasan oleh banyak pihak untuk dapat mengajukan pengunduran diri pada perusahaan tempat mereka bekerja. Lingkungan kerja memang merupakan faktor utama dalam menentukan kenyamanan dan produktivitas dalam bekerja. Jika lingkungan kerja tidak mendukung dan memberi kenyamanan bagi para karyawan yang bekerja didalamnya, maka kemungkinan besar, adanya karyawan yang mengajukan resign pun dapat terjadi. Oleh karena itu wajib bagi Anda yang berstatus sebagai pemilik usaha, untuk menciptakan situasi kerja yang nyaman dan kondusif, agar nantinya karyawan dapat bekerja dengan baik ditempat Anda.

Selain alasan yang telah dikemukakan diatas, berikut ini alasan resign lainnya, yang kerap kali mendasari seorang karyawan mengajukan pengunduran diri, antara lain adalah:

  • Tidak adanya nilai apresiasi kerja dari perusahaan, meskipun karyawan tersebut memiliki prestasi kerja yang baik, dan dapat meningkatkan hasil pendapatan dari perusahaan.
  • Munculnya perselisihan antara satu karyawan dengan karyawan lainnya, sehingga dapat mengakibatkan situasi kerja menjadi tidak nyaman.
  • Faktor dalam keluarga yang memang menuntut karyawan untuk tidak lagi bekerja pada sebuah perusahaan. Faktor resign ini biasanya lebih sering diungkapkan oleh seorang wanita, yang memang mendapatkan tuntutan dari suami ataupun anak untuk dapat fokus dalam mengurus sebuah rumah tangga.
  • Perubahan kebijakan dari suatu perusahaan yang tidak mendukung karyawan ataupun tidak mempertimbangkan kepentingan dan hak karyawan didalamnya.
  • Gaji karyawan yang tidak kunjung naik, meskipun telah mengabdi lama pada perusahaan tempatnya bekerja.

Selain faktor diatas, alasan lain yang juga sering dikemukakan ketika seorang ingin mengajukan pengunduran diri adalah karyawan ingin mencoba tantangan baru dengan memulai usaha sendiri. Alasan ini saat ini memang banyak dijadikan alasan umum dalam pengunduran diri, mengingat saat ini memang terbuka lebar peluang untuk usaha, dengan penghasilan yang lebih menjanjikan.

Baca Juga :

Bagi seorang pemilik perusahaan, mungkin mereka akan dengan mudah mencari pengganti karyawan yang memang ingin resign dari perusahaan. Namun hal tersebut dapat juga menjadi kendala tersendiri bagi perusahaan, jika nantinya akan bergulir hal yang sama pada calon karyawan baru yang telah direkrut oleh perusahaan tersebut. Oleh karena itulah wajib hukumnya bagi seorang pengusaha untuk dapat menciptakan suasana kerja yang nyaman dan kondusif.

Selain situasi kerja, kesejahteraan dari karyawan serta keluarganya pun harus diperhatikan oleh seorang pengusaha, agar nantinya tidak timbul alasan resign dari karyawan tentang tingkat kesejahteraan yang mereka dapatkan. Hargailah prestasi dari setiap karyawan dan berikanlah penghargaan baik dalam bentuk kenaikan jabatan ataupun kenaikan gaji, agar nantinya karyawan tetap betah dalam melakukan aktivitas dan rutinitas kerja pada perusahaan Anda.

0 Response to "Alasan Resign Karyawan yang Perlu Diwaspadai "

Post a Comment

wdcfawqafwef