Tips dan Cara Bayar Pajak Motor Online

bayar pajak motor online
bayar pajak motor online 

Kendaraan bermotor seperti sepeda motor saat ini memang sudah banyak dimiliki oleh masyarakat. Seperti yang dapat kita lihat sekarang ini, bayar pajak motor online adalah merupakan salah satu fasilitas yang memberikan kemudahan kepada para pemilik kendaraan bermotor yang akan membayar pajak. Dengan adanya aplikasi online tersebut masyarakat tidak perlu lagi harus datang ke kantor SAMSAT dan antri panjang untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Seiring dengan perkembangan teknologi tersebut, saat ini pemerintah juga akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang hendak atau akan membayar pajak dengan melalui inovasi baru yaitu menerima pembayaran STNK secara online yang dapat dilakukan melalui ATM, meskipun sampai saat ini program ini masih terbatas dan hanya berlaku di beberapa wilayah saja di Indonesia.

Berikut adalah layanan-layanan yang disediakan oleh SAMSAT online terkait dengan pembayaran pajak kendaraan bermotor, antara lain:

  • Pelayanan pengesahan STNK 1 Tahun bagi kendaraan bermotor.
  • Pelayanan kepada kendaraan bermotor yang tidak ganti STNK.
  • Pelayanan kepada kendaraan bermotor disertai dengan BPKB, KTP asli dan STNK.
  • Pelayanan kepada kendaraan bermotor dalam keadaan tidak terlambat lebih dari 1 tahun.

Selain memberikan pelayanan dengan beberapa kemudahan tersebut, Samsat online juga memiliki beberapa manfaat yaitu:

  • Manfaat bagi Samsat

Samsat online disini menyajikan data yang akurat dan up to date. sehingga dapat terlihat realisasi serta penerimaan per UPT PPD maupun secara keseluruhan.

  • Manfaat bagi wajib pajak

Dengan adanya Samsat online ini memberikan kemudahan kepada Anda yang hendak membayar pajak kendaraan bermotor karena pembayarannya dapat dilakukan di kantor Samsat manapun asalkan masih dalam 1 provinsi.

Adapun cara-cara untuk bayar pajak motor online adalah sebagai berikut:

  • Yang pertama harus Anda lakukan adalah Anda harus masuk terlebih dahulu ke situs Samsat, karena setiap provinsi memiliki e-Samsat yang berbeda maka pilihlah e-Samsat yang sesuai dengan domisili Anda tinggal saat ini. Setelah Anda masuk ke e-Samsat maka Anda harus mengisi data kendaraan seperti memilih kota, Samsat, nomor polisi, serta kode. Yang terakhir adalah klik cari.
  • Yang kedua yaitu Anda harus memilih kota tempat pengambilan nota pajak motor Anda tersebut secara online. Disini Anda perlu memasukkan beberapa data yaitu nomor BPKB, kota tempat domisili Anda, Samsat, bank, layanan, kode bayar. Jika semua data tersebut sudah benar dan tepat kemudian klik pilih print.
  • Yang ketiga yaitu Anda harus melakukan proses pembayaran pajak motor online, Anda bisa datang ke ATM. simpan bukti pembayaran tersebut yang nantinya bisa Anda tukar dengan nota pajak kendaraan Anda yang baru. Batas waktu penukaran ini hanya berlaku sampai 7 hari.
  • Yang terakhir yaitu Anda tinggal mengambil nota pajak di Samsat.

Disini Anda datanglah sepagi mungkin karena kantor Samsat buka kira-kira jam 08.00 WIB. Adapun berkas-berkas yang harus Anda persiapkan yaitu bukti pembayaran dari internet banking, KTP, dan STNK asli.

Dengan adanya Samsat online tersebut, diharapkan akan memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada masyarakat yang akan membayar pajak motor secara online karena tidak perlu lagi untuk antri lama dan menghabiskan banyak waktu. Akan tetapi sampai saat ini masih banyak masyarakat yang kurang begitu tahu tentang adanya fasilitas bayar pajak motor online.

0 Response to "Tips dan Cara Bayar Pajak Motor Online"

Post a Comment

wdcfawqafwef