Pengertian Puasa dan Jenis-jenis Puasa di Indonesia

Pengertian Puasa
Pengertian Puasa

Puasa menjadi salah satu ibadah yang wajib untuk dilakukan oleh semua lapisan masyarakat muslim di seluruh dunia terutama jika mereka sudah memasuki usia yang tepat untuk melakukan puasa. Ada banyak hal yang memang akan membuat kita jadi lebih mudah menjalankan puasa terutama jika kita paham dengan pengertian puasa yang memang akan membuat kita lebih mendalami lagi puasa. Ternyata puasa juga tidak hanya satu jenis saja pada saat bulan ramadhan melainkan juga ada jenis puasa lainnya.

Jika Anda saat ini masih menganggap puasa merupakan hal yang biasa, jangan khawatir karena saat ini ada beberapa orang yang sudah menjelaskan apa sebenarnya arti dari berpuasa ini. Puasa sendiri merupakan salah satu aktivitas dimana kita harus menahan lapar dan juga godaan yang pastinya akan selalu muncul pada saat sedang menjalani ibadah ini. Pastinya ini menjadi salah satu hal yang penting. Selain itu puasa juga menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan pada saat mereka masih mampu dalam menjalankan ibadah ini.

Ketika sudah paham dengan pengertian puasa ini maka ada baiknya juga untuk kita memahami beberapa jenis dari puasa ini. Pastinya ada beberapa jenis puasa yang bisa kita pahami antara lain:

  • Puasa Muharrom, ini menjadi salah satu jenis puasa yang memang bisa dilakukan pada saat sudah selesai melakukan puasa Ramadhan. Jenis puasa ini dapat dilakukan juga pada saat hari Assyuro.
  • Puasa Assyuro, ini merupakan puasa yang dilaksanakan pada saat hari ke-10 di Bulan Muharrom yang akan membuat kita jadi lebih mengimani bulan ini. Jenis puasa ini dapat dilakukan sehari sebelum ataupun sehari sesudahnya. Puasa ini memang sebenarnya diwajibkan untuk menjalankan rukun muslim juga.
  • Puasa Sya’ban, ini merupakan puasa sunnah yang diwajibkan karena pada bulan Sya’ban ini banyak sekali amal yang diberikan pada Rabb yang akan membuat puasa kita akan semakin terasa menyejukkan.
  • Puasa Senin & Kamis, ini merupakan puasa yang tidak wajib karena biasanya banyak sekali orang yang sering mengabaikannya. Mengapa di pilih hari senin dan kamis karena memang pada hari tersebut banyak sekali amal ibadah yang akan dihitung.
  • Puasa Dawud, ini merupakan jenis puasa yang berselang hari dimana puasa sehari lalu tidak puasa dan seterusnya. Ini merupakan salah satu pilihan untuk Anda yang mungkin ingin menambah amal ibadah dan akan menjadikan puasa sebagai ibadah yang tepat.

Jangan sampai ragu karena menjalankan puasa saat ini sudah menjadi kewajiban. Jangan sampai ragu karena pilihan berpuasa saat ini sudah sangat banyak. Sehingga kita bisa memilih mana hari yang tepat untuk kita melakukan puasa ini. Jadi selalu yakinkan bahwa hati dan pikiran juga siap dalam menjalankan ibadah puasa ini.

Jika hati kita selalu siap dalam menjalankan ibadah ini maka akan selalu dipermudah puasa kita. Selain itu juga kita akan dijauhkan dari segala godaan jahat yang memang bisa membuat kita tidak nyaman. Pengertian puasa ini memang harus sangat dipahami agar tidak ada kesalahan dalam menjadikan puasa yang penting sekali untuk ibadah kita. Bagi umat muslim puasa pada saat Idul Adha juga menjadi hal yang sangat tepat untuk menyakinkan hati kita agar bisa selalu menerima segala permintaan maaf yang mungkin datang juga dari kerabat kita.

0 Response to "Pengertian Puasa dan Jenis-jenis Puasa di Indonesia"

Post a Comment

wdcfawqafwef