6 Manfaat dari Media Informasi Indonesia

informasi indonesia
informasi indonesia

Membaca berita merupakan salah satu kegiatan positif dan bermanfaat, hampir semua orang di seluruh dunia melakukannya setiap hari. Tak terkecuali di Indonesia. Membaca berita dapat dilakukan di waktu senggang. Ada berbagai media baca berita dan informasi mulai dari koran, majalah, tabloid, buletin dan media cetak lainnya. Selain itu, kita juga bisa membaca berita dari portal atau situs media massa online. Kegiatan ini termasuk kegiatan yang positif karena ternyata membaca berita dan informasi Indonesia dari media juga membawa manfaat lain untuk kehidupan kita, di antaranya sebagai berikut:

  • Dapat mengikuti trend yang berkembang di tanah air.

Salah satu manfaat yang bisa kita peroleh dengan membaca berita dan informasi mengenai Indonesia adalah untuk mengetahui apa yang sedang menjadi trend di Tanah Air. Mulai dari trend mengenai fashion, gadget, bisnis, teknologi, dan masih banyak lagi. Dari situlah kita bisa saja memanfaatkannya untuk mengetahui fenomena sosial apa yang saat ini sedang marak di Indonesia, sehingga kita pun menjadi selalu update dan tidak dicap ketinggalan zaman atau kolot.

  • Dapat mengubah cara pandang dan gaya hidup.

Dengan membaca beragam berita dan informasi yang ada di media cetak maupun media online, secara perlahan akan mengubah cara pandang dan gaya hidup kita. Berita mengenai lifestyle akan memberikan informasi mengenai sisi positif maupun sisi negatif dari kemunculan suatu trend. Tiap fenomena sosial yang menjadi suatu gaya hidup di masyarakat tentu layaknya sebuah koin yang memiliki 2 sisi. Sehingga dari situlah kita bisa mengetahui plus minus dari sebuah trend kemudian kita sendiri lah yang akan mengaplikasikannya pada kehidupan kita atau tidak. Dengan demikian, kita dapat terhindar dari gaya hidup yang negatif.

  • Membuka wawasan atau cakrawala dunia.

Media informasi Indonesia tak hanya menyediakan informasi dan berita mengenai dalam negeri saja, melainkan seluruh dunia. Kita tentu pernah mendengar ungkapan bahwa membaca akan membuka cakrawala dunia, atau sama dengan memperluas wawasan kita mengenai Nusantara dan seluruh dunia. Dari situ, kita akan menemukan perspektif baru dari segala berita mengenai berbagai hal yang terjadi di seluruh belahan dunia. Kita juga bisa mengetahui beragam polemik yang terjadi di dalam dan luar negeri, mengetahui pernak pernik dan serba-serbi mengenai Indonesia ataupun negara lain.

  • Menambah rasa nasionalisme dan memupuk cinta Tanah Air.

Kira-kira apa hubungannya membaca berita dan informasi mengenai Indonesia dengan rasa nasionalisme dan cinta Tanah Air. Dengan adanya berita dan informasi tentang Indonesia, kita bisa mengetahui berbagai hal yang ada di Indonesia mulai dari sejarah, kekayaan geografisnya, potensi alam dan sumber daya alamnya, keberagaman budaya dan sebagainya yang akan membuat kita merasa bangga menjadi orang Indonesia, sehingga tanpa sadar timbul rasa nasionalisme dan cinta Tanah Air dalam diri kita.

  • Membangun kepedulian terhadap sesama rakyat Indonesia.

Hanya dari media massa, kita dapat mengetahui segala sesuatu yang saat ini sedang terjadi di Indonesia, mulai dari kondisi ekonomi dan politik hingga kondisi sosial masyarakat. Tanpa adanya media, kita tidak akan mungkin tahu wilayah mana yang masih belum tersentuh peradaban luar atau masih terisolir, kita juga bisa mengetahui wilayah mana saja yang sedang menghadapi bencana alam, sehingga akan timbul kepedulian terhadap sesama rakyat Indonesia untuk salin tolong menolong dan bahu-membahu memberikan bantuan atau bersama-sama mewujudkan stabilitas ekonomi dan politik dalam negeri.

  • Mendapatkan inspirasi.

Media berita dan informasi Indonesia adalah hal yang paling wajib Anda temui jika Anda mengalami macet ide atau kekurangan inspirasi dalam berbagai hal. Mulai dari mereka yang sedang membutuhkan ide untuk bisnis, bisa juga bagi mereka yang sedang membutuhkan inspirasi untuk memulai pekerjaan atau kegiatan lainnya yang berhubungan dengan kreativitas. Meski demikian, selalu ada sisi positif dan negatif dari suatu pemberitaan dan informasi, marilah kita sikapi dengan bijak dan memilih mana yang positif saja untuk diterima dan dijadikan rujukan dalam gaya hidup atau perspektif hidup.


0 Response to "6 Manfaat dari Media Informasi Indonesia"

Post a Comment

wdcfawqafwef