4 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cek Saldo BPJS
Cek Saldo BPJS

Selain ada BPJS kesehatan, ada bentuk lain dari asuransi kesehatan yang berskala nasional, yaitu BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan juga wajib dimiliki oleh semua tenaga kerja yang bekerja di wilayah Indonesia dan tiap perusahaan juga wajib mendaftarkan pegawainya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Kewajiban ini telah diatur dalam perundang-undangan mengenai jaminan dan proteksi ketenagakerjaan. Selain menguntungkan, cek saldo BPJS Ketenagakerjaan juga mudah dan dapat dilakukan kapan saja.

Manfaat yang bisa Anda peroleh dari BPJS Ketenagakerjaan yang paling nyata adalah Anda akan memperoleh perlindungan atau proteksi selama Anda bekerja baik berupa bantuan kesehatan maupun finansial. Jadi apabila terjadi kecelakaan pada saat bekerja, maka Anda dapat menggunakan BPJS sebagai cover masalah pengeluaran biaya untuk pengobatan maupun perawatan. Apabila Anda sudah menyelesaikan masa pekerjaan Anda minimal 5 tahun telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka Anda akan memperoleh bantuan finansial yang merupakan akumulasi dari iuran BPJS yang sudah Anda berikan setiap bulannya. BPJS Ketenagakerjaan dapat membuat suasana kerja menjadi lebih nyaman berkat proteksi yang diberikan. Meski Anda tiap bulannya membayar iuran BPJS secara otomatis melalui gaji Anda, cek saldo masih dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti berikut ini:

  • Kunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Cara yang paling mudah untuk melihat saldo BPJS yang Anda miliki saat ini adalah dengan mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan yang paling dekat dengan kantor atau tempat tinggal Anda. Anda tinggal menemui petugas BPJS atau teller untuk menanyakan saldo BPJS yang Anda miliki dengan menyebutkan nomor akun BPJS Anda terlebih dahulu atau dengan menunjukkan kartu BPJS Anda. Petugas akan memeriksa akun Anda melalui data di komputer kemudian mencetak saldo yang ada dalam akun Anda.

  • Cek saldo BPJS via SMS.

Tak punya waktu untuk jalan ke kantor BPJS Ketenagakerjaan? Tenang saja, ada cara yang lebih mudah dan lebih praktis untuk check saldo BPJS yang Anda miliki saat ini yaitu dengan menggunakan SMS. Namun sebelum Anda mengecek saldo via SMS, Anda sudah harus lebih dulu memiliki nomor ID dengan cara registrasinya sebagai berikut: REG#Nomor BPJS Ketenagakerjaan#Tanggal Lahir#Nama Ibu Kandung, kemudian kirim ke 08111009696. Setelah berhasil register, Anda akan memperoleh ID yang dapat Anda gunakan mengecek saldo dengan cara ketik Saldo#no.ID BPJS lalu kirim ke nomor yang sama dengan yang tertera di atas.

  • Melalui ATM bank.

Ketersediaan bank yang sudah cukup banyak di negara kita juga membawa manfaat, salah satunya adalah untuk mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan miliki kita. Namun saat ini hanya ada salah satu bank milik BUMN menjadi mitra BPJS Ketenagakerjaan. Anda dapat melakukan cek saldo dari BPJS Anda melalui ATM dari bank tersebut.

  • Cek melalui situs resmi atau aplikasi BPJS Ketenagakerjaan.

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang tak kalah mudah dan cepat adalah melalui situs resmi maupun aplikasi mobile dari BPJS Ketenagakerjaan itu sendiri. Untuk mengecek saldo melalui situs BPJS, Anda harus daftar terlebih dahulu pada https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja dan mengisi semua informasi yang dibutuhkan. Sama mudahnya dengan cek saldo melalui aplikasi BPJSTK yang bisa Anda unduh melalui app store dengan smartphone Anda. Log in dengan akun Anda, pilih panel Saldo JHT, Cek Saldo JHT kemudian dengan segera informasi mengenai saldo BPJS Anda akan muncul pada layar.

0 Response to "4 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan"

Post a Comment

wdcfawqafwef