Pahami Serba-serbi KTA Proses Cepat Berikut Ini

KTA proses cepat
KTA proses cepat

Bagi orang-orang yang membutuhkan dana cepat karena kebutuhan yang mendesak namun dana tabungan tidak mencukupi, Kredit Tanpa Agunan (KTA) mungkin bisa menjadi solusi yang tepat. Namun itu bukan berarti bahwa kita harus apply KTA setiap kali kita membutuhkan dana. Sebab namanya saja kredit, berarti kita berurusan dengan hutang piutang. Sedangkan hutang, tentu wajib untuk dibayar. Banyak orang yang terburu-buru apply karena tergiur promosi KTA proses cepat tanpa mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Padahal ada banyak faktor yang mempengaruhi proses pelunasan hutang/kredit tersebut. Apabila faktor-faktor tersebut luput dari perhatian Anda, maka jangan heran jika di kemudian hari Anda akan mengalami kesulitan dalam proses pelunasannya, salah-salah justru keuangan Anda yang menjadi berantakan. Jadi sebelum mengajukan KTA, ada baiknya jika Anda mencermati terlebih dahulu beberapa hal yang menjadi serba-serbi Kredit Tanpa Agunan ini, dengan demikian, Anda bisa lebih bijak dalam memilih produk KTA dari manakah yang terbaik:

  • Dimana harus apply?

Lembaga yang saat ini paling dipercaya sebagai pemberi KTA adalah bank. Sebab hampir semua bank sudah memiliki produk KTA, kita hanya tinggal membandingkan fitur dan fasilitas yang dimiliki oleh produk KTA masing-masing bank untuk menentukan manakah yang terbaik dan layak Anda miliki karena sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain bank, beberapa koperasi juga menyediakan layanan KTA namun biasanya hanya untuk pinjaman jangka pendek dan limit pinjaman yang tidak sebesar yang ditawarkan bank.

Ada juga KTA yang sangat akrab dengan masyarakat terutama di daerah pedesaan, yaitu rentenir. Hanya saja cara ini tentu sangat tidak direkomendasikan sebab tak ada hukum yang mengikat tata cara peminjaman uang dari seorang individu ini. Biasanya Anda akan terjebak dengan bunga yang tinggi dan tak segan rentenir akan melibatkan preman yang berperan sebagai debt collector jika Anda tidak segera melunasi pinjaman Anda. Hal ini tentu akan sangat berbahaya.

  • Syarat dan cara apply KTA.

Syarat dan cara apply KTA proses cepat sebenarnya tidaklah sulit dan tidak begitu berbeda dengan produk pinjaman lainnya yang menggunakan agunan. Syarat umum apply KTA biasanya antara lain: berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun, merupakan WNI yang berdomisili di Indonesia, memiliki kartu kredit minimal 1 tahun serta berstatus karyawan tetap minimal tahun dan profesi lain yang sepadan. Sedangkan dokumen yang dibutuhkan biasanya adalah berupa fotokopi KTP dan KK, NPWP atau SPT, fotokopi rekening koran dan slip gaji atau surat keterangan penghasilan.

  • Kelebihan dan kekurangan.

Lebih dari itu semua, KTA juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri yang bisa Anda jadikan pertimbangan dalam memilih atau mengajukan. Kelebihan yang pertama adalah syaratnya mudah karena tidak memerlukan agunan/jaminan berupa aset berharga, yang kedua adalah prosesnya cepat biasanya selesai dalam kurun waktu 3-7 hari kerja saja dan yang terakhir jelas, KTA bisa diperoleh di bank mana saja.

Namun di balik kelebihan atau keuntungan dari produk KTA proses cepat tersebut ada kekurangan yang menjadi konsekuensi Anda ke depannya. Yang pertama adalah suku bunga KTA relatif lebih tinggi daripada jenis pinjaman lainnya, yang kedua adalah batas pinjaman bisa saja kecil dan jangka pendeknya lebih pendek, misal 5 tahun dengan limit maksimal 200 juta rupiah. Yang terakhir adalah, jika Anda terlambat membayar akan dikenakan denda dan jika Anda melunasi sebelum jatuh tempo, maka Anda akan dikenakan pinalti

0 Response to "Pahami Serba-serbi KTA Proses Cepat Berikut Ini"

Post a Comment

wdcfawqafwef