Makna Patriotik Dari Bendera Merah Putih

Merah Putih
Merah Putih

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pulau terbanyak di dunia, banyaknya kepulauan tersebut serta merta membuat negara kita heterogen, yakni terdiri dari berbagai macam suku dengan ribuan bahasa yang berbeda-beda. Tak ayal, jika bendera merah putih memiliki makna filosofi yang mendalam sebagai refleksi dari perbedaan dari berbagai suku. Meski berbeda, namun kita tetap dipersatukan dengan keragaman tersebut. 

Nenek moyang kita bahkan sampai merancang konsep Bhineka Tunggal Ika, yakni meski memiliki kebudayaan yang berbeda namun kita tetap bisa bersatu. Agaknya kita boleh berbangga hati dengan konsep tersebut. Pasalnya, kebersatuan di tanah air masih tetap terjaga meski berbagai pihak berupaya memecah belah baik dengan menghembuskan isu sara dan narkoba. Lain halnya dengan negara lain terutama timur tengah yang sudah terlebih dahulu dipecah belah. Untungnya konsep bendera merah putih masih tetap bersemayam dalam jiwa sehingga kita tidak bisa begitu saja diadu domba.

Lambang bendera kita memiliki makna yang sangat mendalam, sebuah simbol kemerdekaan dan perjuangan bangsa Indonesia terepresentasikan dalam bendera tersebut. Oleh karena itu, perbuatan melecehkan simbol negara seperti mempermainkan bendera merupakan hal yang tidak dapat ditolerir. Sebuah perjuangan yang sangat berat mengusir penjajah dan memerdekakan negara merupakan tindakan patriot yang perlu diapresiasi dan dikenang oleh segenap anak bangsa. Oleh karena itu, setiap tanggal 17 Agustus bangsa ini merayakan kemerdekaan dengan memasang bendera tersebut di setiap rumah.

Perpecahan di antara kita sebenarnya dapat dihindari jika sikap nasionalis dijunjung tinggi. Hanya saja, saat ini justru anak bangsa lebih banyak yang gemar menggunakan produk luar negeri dan menonton drama-drama asing di mana mereka mempraktekan budaya dari tokoh yang ditonton. Padahal, sudah jelas mereka mempromosikan budaya asing. Jika sudah begini di mana rasa cinta tanah air kita? kita sebagai anak muda sudah seharusnya mempromosikan budaya sendiri dengan menggunakan produk dalam negeri dan melestarikan kultur indonesia. Tradisi ini perlahan-lahan mulai luntur semenjak budaya asing cukup mudah masuk lewat media cetak maupun elektronik.

Simbol-simbol negara seperti bendera merah putih seharusnya dapat memperkokoh kecintaan kita pada tanah air, upacara bendera setiap hari senin di sekolah dahulu sejatinya bertujuan untuk membangkitkan memori kemerdekaan. Celakanya, banyak anak muda jaman sekarang yang mengabaikan subtansi dari upacara tersebut. Bahkan, ada yang bermalas malasan sampai bolos upacara. Upacara sejatinya merupakan ritual untuk membangkitkan persatuan dan menjaga kesatuan NKRI agar tidadk mudah diobok-obok oleh pihak tertentu yang ingin mengambil keuntungan dari perpecahan tersebut.

0 Response to "Makna Patriotik Dari Bendera Merah Putih"

Post a Comment

wdcfawqafwef