Persiapan Memasuki Usia Pensiun PNS

Usia Pensiun PNS
Usia Pensiun PNS

Saat usia pensiun PNS sudah dekat, ini memang menjadi hal yang berat untuk sebagian besar orang. Membayangkan hidup sesudah aktif bekerja, dan berhenti begitu saja memang membuat hal yang tidak mudah diterima. Tidak mengherankan jika banyak orang yang berat saat dihadapkan pada kenyataan ini. Banyak yang menganggap saat sudah pensiun, kenikmatan hidup dan berbeda dari dulu sebelum pensiun. Sebenarnya tidak sepenuhnya demikian jika Anda sudah menyiapkan pensiun dengan baik-baik.

Pertama, jangan berhutang pada instansi. Umumnya, orang lebih menyukai hal yang praktis dan cepat seperti mendapatkan uang dari berhutang. Padahal hutang bukan uang yang kita miliki, ini artinya kita harus mengembalikannya lagi. biasanya disetiap instansi terdapat koperasi karyawan yang bisa diikuti. Hindari berhutang diluar kemampuan diri Anda. jangan sampai saat mendekati masa pensiun, Anda masih memikirkan hutang yang tidak kunjung lunas tersebut. Jika memang membutuhkan dana terdesak, berhutang lah sesuai dengan jumlah yang Anda butuhkan.

Kedua, mengikuti program dana pensiun yang diadakan bank. ada berbagai macam program dana pensiun yang disediakan bank yang dapat Anda ikuti. Program ini bisa membantu Anda untuk mempersiapkan dana pensiun dengan lebih baik lagi. saat usia pensiun PNS mendekati Anda, Anda pun tidak akan gusar. Dengan menggunakan produk ini, Anda akan merasakan manfaat tersendiri, lebih-lebih Anda tidak dapat mengontrol diri untuk menyisakan sebagian uang. Anda dapat menggunakan program auto debit ke rekening langsung di tabungan Anda. dengan menggunakan sistem ini, uang bisa langsung terpotong dan Anda akan menerima dana yang bisa mencukupi kebutuhan hidup. Besarnya dana yang ditawarkan oleh bank juga tidak terlalu besar, mulai dari Rp 50 ribuan setiap bulannya. Sebenarnya, metode yang tepat saat menabung adalah menyisihkan uang terlebih dulu dan menggunakannya. Namun masyarakat terlalu asyik menggunakan sisanya untuk ditabung, hingga pada akhirnya tidak menemukan dana untuk ditabung. Kebiasaan ini harus Anda rubah dengan perlahan.

Ketiga, pisahkan dana. Di dalam kehidupan Anda sehari-hari, Anda pasti memerlukan dana cadangan untuk menangani kebutuhan yang tidak terduga serta memerlukan uang untuk melunasinya. Namun jangan gunakan dana pensiun Anda untuk alternatif dana ini. Mulai dari sekarang Anda dapat membiasakan diri untuk mengeluarkan pos pengeluaran yang digunakan untuk dana cadangan agar bisa memenuhi kebutuhan yang bersifat mendesak selain itu dana pensiun memang dana yang digunakan untuk masa mendatang.

Keempat, jika gaji naik, tabungan Anda juga harus naik. Selama Anda belum pensiun, Anda masih bisa berkarya, jika Anda naik golongan yang artinya memiliki kenaikan gaji, dana untuk tabungan Anda juga harus mengalami kenaikan. Jika biasanya Anda menabung sebesar Rp 500 ribuan, Anda sekarang bisa menabung hingga Rp 700 ribuan. Biasanya saat orang-orang memiliki gaji yang meningkat, ia justru lupa untuk menambah nominal tabungannya hingga akhirnya malah menambah pengeluarannya.

Terakhir, dana pensiun bukan sebuah investasi. Memang sekarang ini Anda belum memasuki usia pensiun PNS, namun apa salahnya jika mempersiapkannya terlebih dahulu. Hindari pemikiran untuk menggunakan dana pensiun sebagai investasi. Biasanya orang akan tergiur dengan hasil untung besar dari investasi sehingga ia tidak segan mempergunakan dana pensiun untuk investasi, bahkan banyak pensiunan yang mencoba keberuntungan di dunia investasi dengan menggunakan dana pensiun. Padahal, resiko yang begitu besar telah menanti. Investasi memang bukan keputusan yang salah, namun menggunakan dana pensiun bukan sebuah cara yang tepat.

0 Response to "Persiapan Memasuki Usia Pensiun PNS"

Post a Comment

wdcfawqafwef