Pengertian Tax Amnesty dan Manfaatnya

Pengertian Tax Amnesty
Pengertian Tax Amnesty 

Dahulu pada tahun 1984 dan tahun 2004 Indonesia telah memberlakukan kebijakan tax amnesty, namun mengalami kegagalan karena banyak yang tidak memahami pengertian tax amnesty berpendapat bahwa kebijakan tersebut kurang menarik, serta para petinggi pun kurang mendukung. Sehingga ada tahun berikutnya kebijakan tersebut tidak diterapkan kembali. Saat ini kebijakan tax amnesty atau amnesty pajak telah diberlakukan kembali, dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua kalangan.

Pengertian tax amnesty sebenarnya adalah pengurangan pajak terhadap properti perusahaan yang diatur dalam UU Pengampunan Nasional. Yang termasuk dalam pengampunan pajak disini adalah penghapusan sanksi administrasi pajak, penghapusan sanksi pidana pada bidang perpajakan, penghapusan pajak terhutang, serta penghapusan sanksi pidana yang diharuskan membayar uang tebusan. Dari penerapan kebijakan ini, sebenarnya dapat memberikan manfaat, setidaknya manfaat untuk pemerintah, untuk pengembang dan investor. Berikut manfaatnya:

  • Untuk pemerintah,

Manfaat utama yang dapat diambil oleh pemerintah dari diberlakukannya tax amnesty atau pengampunan pajak ini, pemerintah akan mendapatkan penghasilan penerimaan baru, yang dimana penambahnya dirasa telah efektif sehingga dapat mengurangi penerimaan negara yang semakin berkurang. Dengan hal ini maka secara tidak langsung akan ada sumber pajak baru yang didapat dari kebijakan ini, karena kebijakan ini dapat menarik dana yang ada di luar negeri secara otomatis. Amnesty pajak yang diasumsikan pemerintah dari APBN 2016 sebesar Rp 60 trilyun, yang mana angka ini diambil dari tebusan sebesar 3% dari Rp 2000 trilyun.

  • Untuk pengembang,

Dengan diberlakukannya kebijakan ax amnesty ini juga memberikan manfaat untuk para pengembang, seperti perusahaan dibidang sektor properti. Dengan adanya kebijakan seperti ini yang berhubungan dengan pajak maka akan menjadi kebangkitan bagi sebuah perusahaan properti sehingga dapat membuat sektor properti mengalami pertumbuhan untuk beberapa tahun ke depan. Selama ini banyak para investor yang tidak mau untuk menambahkan modalnya di sektor properti Indonesia, karena dirasa pajak properti di Indonesia sangat mahal. Dengan diberlakukannya kebijakan ini, diharapkan akan banyak para investor yang tidak ragu lagi untuk menambahkan modalnya.

  • Untuk investor,

Manfaat terakhir bagi diberlakukannya kebijakan tax amnesty adalah dapat bermanfaat bagi investor. kebijakan tax amnesty memang sangat mempengaruhi perkembangan dunia bisnis, khususnya properti. Dengan adanya kebijakan tersebut diharapkan banyak investor yang tidak takut lagi untuk membeli banyak properti di Indonesia.

Pemberlakuan kebijakan ini sebenarnya memang memiliki banyak manfaat jika kita memahaminya, bukan hanya untuk pemerintah, pengembang dan investor saja, tetapi juga bermanfaat untuk semua kalangan. Namun saat ini masih banyak yang belum paham akan pengertian tax amnesty yang sebenarnya. Sehingga timbul polemik atau pikiran buruk tentang tax amnesty di mata masyarakat, seperti:

  • Banyak masyarakat yang belum paham betul mengenai tax amnesty, dan berpikir bahwa tax amnesty ini merupakan teror bagi rakyat.
  • Kebanyakan dari mereka berpikir bahwa dengan adanya tax amnesty berarti akan ada pajak tambahan, contohnya saat membeli rumah maka akan ada pajak tax amnesty di luar dari BPHT dan PBB.
  • Sebagian masyarakat berpikir dan menganggap tax amnesty ini merupakan UU yang berkaitan dengan kejahatan yang diampuni, yang dimana telah mempengaruhi regulasi hukum seperti hukum pidana.
  • Masyarakat juga menganggap adanya tax amnesty merupakan bentuk pemaksaan pemerintah terhadap rakyat untuk membayar pajak. 
Referensi :

0 Response to "Pengertian Tax Amnesty dan Manfaatnya"

Post a Comment

wdcfawqafwef