Kekurangan dari Hutang Jangka Panjang

hutang jangka panjang
hutang jangka panjang

Masih banyak masyarakat di Indonesia yang memilih untuk berhutang demi membantu memenuhi segala macam kebutuhan hidup yang harus dipenuhi setiap harinya. Memang sebuah kegiatan hutang piutang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Dengan kondisi perekonomian di Indonesia yang masih tidak stabil bahkan masih sangat kurang, ditambah dengan penghasilan masyarakatnya yang banyak masih dibawah standar dari kategori sejahtera, membuat mereka berfikir untuk mencari berbagai macam cara untuk menutupi kekurangan itu semua, dengan berhutang salah satunya. Berhutang tersebut ada yang ditawarkan dengan jangka waktu yang cepat atau ada juga dengan hutang jangka panjang.

Hutang piutang bukan hanya dilakukan oleh mereka yang berasal dari kalangan menengah ke bawah saja, tetapi banyak juga mereka yang dari kalangan menengah ke atas pun melakukan hutang piutang di dalam kehidupannya. Hal simple yang dapat dibilang sebagai hutang piutang yang dilakukan oleh kalangan menengah ke atas adalah dengan cara kartu kredit yang diberikan oleh bank. Dengan menggunakan kartu kredit untuk membantu membayarkan semua biaya kehidupan sehari-hari merupakan jenis hutang piutang yang bisa dibilang dengan cara yang modern. Mereka berhutang dengan kartu kredit, dengan limit yang diberikan oleh bank, kemudian setiap bulannya harus membayarkan cicilan untuk pemakaian yang telah dilakukan di bulan sebelumnya dengan tambahan bunga yang harus juga dibayarkan.

Setiap lembaga yang menawarkan jasa pinjaman atau hutang kepada para calon konsumennya, 
tentulah telah membuat berbagai persyaratan yang harus dilakukan dan dipenuhi oleh mereka para calon konsumen yang ingin meminjam uang. Sebaiknya masyarakat melakukan peminjaman uang tersebut kepada sebuah lembaga jasa peminjaman uang yang sudah terbukti jelas dan kompeten di dalam bidang keuangan atau jasa peminjaman.

Selain melakukan peminjaman melalui sebuah lembaga atau bank, Anda juga bisa melakukan kegiatan hutang piutang dengan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dengan meminjam sejumlah uang dari orang lain, berarti Anda sudah memiliki rasa percaya terhadap orang tersebut, karena jika tidak memiliki rasa percaya antara kedua belah pihak akan terjadi masalah di kemudian harinya. Sebaiknya Anda melakukan hutang piutang jika memang sudah mendesak dengan anggota keluarga atau bisa juga dengan teman dekat yang memang sudah Anda kenal dengan baik. Selain itu yang harus diperhatikan mengenai cicilan pembayarannya, apakah ingin dengan tempo yang singkat atau bisa juga dengan hutang jangka panjang, tergantung dari kemampuan Anda.

Hutang haruslah dibayarkan sesegera mungkin agar tidak terjadi hutang yang menumpuk nantinya. Dengan membayarkan hutang dengan cepat pun bisa membuat diri Anda merasa lega karena telah melunasi hutang Anda dan tidak ada sangkutan dengan orang lainnya. Sebelum melakukan pinjaman uang atau hutang, sebaiknya ada bukti atau perjanjian mengenai jangka waktu dari pembayaran hutang tersebut berapa lama, dan juga cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya, agar semua kedua belah pihak merasa aman dan juga nyaman.

Hutang jangka panjang memang bisa menjadi keuntungan bagi mereka yang memiliki penghasilan yang sedikit untuk mengumpulkan uang terlebih dahulu sebelum dibayarkan. Namun bagi mereka yang kemampuannya masih di tengah atau diatas bisa memilih hutang dengan jangka waktu yang singkat saja agar tidak terlalu mengganggu keperluan Anda yang lainnya. Dengan hutang dalam jangka waktu yang panjang pun memiliki kekurangan seperti Anda akan dikenakan lebih banyak bunga jika meminjam di sebuah bank atau lembaga, sudah seharusnya Anda bijak dalam berhutang.

0 Response to "Kekurangan dari Hutang Jangka Panjang "

Post a Comment

wdcfawqafwef