Cara Pembuatan Paspor Online Termudah

paspor online
paspor online

Paspor adalah dokumen penting yang dapat berfungsi sebagai sebuah identitas diri, dimana dokumen ini wajib dimiliki apabila seseorang akan melakukan perjalanan ke luar negara mereka. Di Indonesia sendiri paspor dikeluarkan oleh dinas Imigrasi, yang merupakan lembaga pemerintah yang mempunyai tugas khusus menangani berbagai hal yang berkaitan dengan keberadaan warga negara Indonesia di luar negeri. Pada umumnya untuk membuat paspor ini, dikenal dua cara yaitu cara pembuatan paspor secara langsung ataupun cara pembuatan paspor online. Kedua cara ini dapat dipilih oleh masyarakat Indonesia sesuai dengan yang mereka kehendaki.

Sebelum membahas mengenai cara pembuatan paspor baik secara langsung ataupun online, ada baiknya terlebih dahulu kita mengenal jenis-jenis paspor yang dikeluarkan dinas Imigrasi sesuai dengan keperluan masing-masing pemegangnya. Dengan mengetahui jenis-jenis paspor, maka secara otomatis ketika akan melakukan pembuatan paspor, Anda akan paham paspor mana yang akan Anda gunakan untuk tujuan perjalanan Anda.

Adapun jenis-jenis paspor tersebut, antara lain adalah:

  • Paspor umum atau biasa, paspor yang dikeluarkan oleh dinas Imigrasi untuk masyarakat Indonesia yang akan melakukan perjalanan umum ataupun reguler dengan tujuan negara-negara lain diluar Indonesia.
  • Paspor diplomatik, paspor yang khusus diterbitkan bagi warga negara Indonesia yang melakukan perjalanan keluar negara dengan tujuan melakukan tugas diplomatik negara.
  • Paspor dinas, paspor khusus yang dikeluarkan bagi mereka yang sedang melakukan perjalanan dinas dari suatu instansi pemerintah dengan tujuan negara tertentu.
  • Paspor orang asing, paspor yang diberikan oleh dinas Imigrasi kepada seseorang yang bukan warga negara Indonesia.
  • Paspor kelompok, paspor yang diberikan kepada rombongan yang akan melakukan perjalanan keluar negeri secara berkelompok, seperti rombongan pelajar yang akan berkarya wisata ke luar negara.
  • Paspor umroh dan haji, paspor khusus yang diterbitkan bagi mereka yang akan melakukan perjalanan ke Mekkah dengan tujuan untuk melaksanakan ibadah umroh dan haji.

Untuk membuat paspor secara langsung, Anda harus mendatangi dinas Imigrasi dengan membawa berkas-berkas ataupun persyaratan dalam pembuatan paspor, untuk dilampirkan dalam formulir pendaftaran yang akan Anda dapatkan dari petugas Imigrasi. Sedangkan untuk mendaftar paspor online, Anda hanya perlu mengisi form registrasi pada situs resmi dinas Imigrasi, dengan data-data yang sesuai dengan data diri Anda yang sebenarnya.

Langkah selanjutnya setelah mengisi form registrasi secara online adalah memverifikasi data dari formulir yang telah diisi, dengan mendatangi secara langsung dinas Imigrasi setempat, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan ketika mengisi aplikasi secara online sebelumnya. Untuk melakukan proses verifikasi ini, Anda harus membawa beberapa dokumen seperti KTP, Kartu Keluarga, Ijazah, Surat nikah dalam bentuk berkas asli maupun fotokopi. Berkas inilah yang nantinya digunakan oleh petugas untuk memverifikasi data yang telah Anda isi secara online.

Untuk biaya pembuatan paspor online yang harus Anda bayarkan ketika proses verifikasi data adalah sebesar kurang lebih 255 ribu rupiah. Setelah proses verifikasi data dan pembayaran selesai, langkah selanjutnya adalah menunggu sesi foto dan wawancara yang akan dilakukan oleh petugas Imigrasi tempat Anda membuat paspor. Apabila sesi ini telah selesai, berarti Anda telah melakukan proses keseluruhan dari pembuatan paspor, dan yang harus Anda lakukan adalah menunggu hingga 3 hari, untuk kemudian datang kembali ke dinas Imigrasi guna mengambil paspor yang telah selesai diproses oleh Dinas Imigrasi. Untuk pembuatan secara langsung akan berlaku proses yang sama, namun dengan cara pengisian formulir registrasi secara langsung di kantor Imigrasi.

0 Response to "Cara Pembuatan Paspor Online Termudah"

Post a Comment

wdcfawqafwef