Cara Cek Saldo Bank BRI Melalui Layanan E-Banking

Bank BRI
Bank BRI

Bank Rakyat Indonesia atau yang biasa disebut Bank BRI adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Bank ini memberikan banyak pelayanan terbaik untuk memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi. Beberapa pelayanan yang diberikan seperti banyaknya kantor cabang yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, banyaknya mesin ATM, serta layanan internet juga menjadi salah satu dari pelayanan yang diberikan oleh bank. Hal ini merupakan bukti bahwa bank ini tidak tertinggal dalam berinovasi. Layanan SMS Banking ini tentunya memberikan kemudahan kepada nasabahnya. Sehingga dalam melakukan transaksi tidak harus pergi ke bank maupun mesin ATM. Karena dengan SMS banking, kita bisa melakukannya melalui ponsel.

Layanan ini hadir di dalam ponsel untuk memudahkan para pelanggan bertransaksi. Caranya cukup mudah, dengan mengirimkan SMS ke 3300 atau melalui aplikasi, maka transaksi dapat dilakukan melalui genggaman tangan. Bertransaksi lewat SMS dan internet banking ini semakin mudah karena dapat dilakukan dimana saja. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat ini berdampak juga pada transaksi keuangan bank. Para nasabah sekarang ini dapat melakukan transaksi melalui SMS dan internet banking layaknya transaksi melalui mesin ATM ataupun kantor bank. Bedanya SMS dan internet banking ini tidak bisa digunakan untuk mengambil uang tunai.

Beberapa fasilitas yang diberikan oleh SMS dan internet banking adalah cek saldo, transfer, isi pulsa HP, melakukan pembayaran tagihan PLN, dan lain-lain. Mungkin cek saldo bukan hal yang terlalu penting bagi kita, tetapi setidaknya kita bisa mengetahui berapa banyak tabungan kita yang ada di bank tersebut. Cara cek saldo melalui SMS maupun internet banking sangat mudah. Untuk itu mari kita lihat beberapa tahapan caranya melalui layanan yang diberikan bank BRI ini:

  • Daftar Terlebih Dahulu,

Untuk dapat menggunakan fasilitas layanan SMS dan internet banking, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu agar dapat diaktifkan. Caranya dengan Anda datang ke bank terdekat untuk mengaktifkan nomor Anda agar bisa menggunakan SMS banking. Selain itu, mendaftar melalui mesin ATM juga bisa dilakukan, caranya dengan memasukan nomor handphone Anda, maka Anda akan mendapat SMS konfirmasi. Sedangkan cara untuk mengaktifkan internet banking yaitu dengan cara melakukan aktivasi terlebih dahulu agar User ID yang sudah Anda buat dapat digunakan.

  • Kirim SMS Ke 3300,

Cara pertama, melalui SMS banking. Jika nomor Anda telah aktif untuk digunakan sebagai SMS Banking, maka cara untuk mengecek saldo Anda hanya mengirimkan SMS ke 3300 dengan format SALDO <spasi> PIN. Misal pin Anda 567 maka ketik SALDO 567 lalu kirim ke 3300, lalu setelah SMS dikirim maka Anda akan mendapatkan SMS balasan yang berisi mengenai informasi saldo rekening Anda di bank tersebut.

  • Gunakan PC/ Gadget yang Terhubung dengan Internet,

Cara yang kedua yaitu pastikan PC atau gadget yang ingin Anda gunakan untuk mengecek saldo ini sudah terhubung dengan layanan internet. Karena jika tidak menggunakan internet maka layanan internet banking tidak bisa digunakan. Setelah PC atau gadget Anda terhubung dengan internet maka kunjungilah website resmi BRI yaitu http://ib.bri.co.id setelah masuk dalam web tersebut maka Anda harus log in terlebih dahulu dengan menggunakan User ID yang telah Anda buat. Kemudian pilih informasi rekening, dan kemudian klik cek saldo. Setelah itu maka Anda akan mengetahui berapa jumlah saldo yang ada pada rekening Bank BRI Anda.

0 Response to "Cara Cek Saldo Bank BRI Melalui Layanan E-Banking"

Post a Comment

wdcfawqafwef