3 Tempat Pinjaman Tanpa Agunan

Pinjaman Tanpa Agunan
Pinjaman Tanpa Agunan

Jaman sekarang memang kebutuhan hidup kita sebagai manusia seolah tak ada habisnya. Dahulu kita hanya mengenal kebutuhan primer dan sekunder saja yang sudah cukup untuk dipenuhi, kini kebutuhan tersier pun seolah sudah menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi. Saat ini ada beragam jenis pinjaman yang dapat kita ambil sebagai alternatif memperoleh dana untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Mulai dari pinjaman dengan agunan, pinjaman tanpa agunan, pinjaman online tanpa agunan, dan lain sebagainya. Tentu saja, sebagai konsumen, kita harus memanfaatkan pinjaman-pinjaman tersebut dengan bijak.

Misalkan untuk memperoleh pinjaman dalam nominal besar di bank, kita bisa mempergunakan 2 cara yaitu mengambil produk pinjaman dengan agunan atau jaminan berupa aset berharga, yang kedua adalah meminjam tanpa agunan dengan syarat harus memiliki kartu kredit terlebih dahulu. Jika Anda nasabah bank yang memiliki kartu kredit dengan masa aktif minimal 1 tahun, Anda sudah dapat menikmati pinjaman atau kredit tanpa agunan tersebut namun jika belum, tentu akan mempersulit Anda. Meski sebenarnya meminjam uang itu mudah, akan tetapi gunakan alasan atau pertimbangan-pertimbangan yang tepat agar dapat memanfaatkan pinjaman tersebut dengan bijak.

Caranya tentu saja dengan mengelola keuangan sebaik mungkin, misalkan dengan menabung. Menabung akan membuat Anda merasa lebih tenang saat terjadi masalah finansial yang sifatnya mendadak. Namun jika tetap saja tidak tercukupi meski sudah dengan tabungan, memang tidak ada salahnya memanfaatkan pinjaman-pinjaman yang ada saat ini, termasuk pinjaman tanpa agunan. Namun sebelum mengajukan pinjaman yang tidak membutuhkan agunan tersebut, baiknya Anda mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

  • Biaya-biaya dalam pinjaman atau kredit tanpa agunan.

Biaya-biaya yang biasanya terdapat pada kredit tanpa agunan antara lain bunga pinjaman, biaya asuransi, biaya administrasi, biaya provisi, biaya keterlambatan dan juga biaya pelunasan yang dipercepat. Anda harus jeli dalam memilih pinjaman tanpa jaminan (agunan) yang berbiaya rendah. Sehingga Anda benar-benar menerima nominal yang sama seperti pada saat pengajuan permohonan.

  • Cicilan bulanan serta proses pelunasan.

Usahakan maksimal cicilan pengembalian pinjaman tersebut besarnya tidak lebih dari 30% dari jumlah total penghasilan Anda. Hindari pinjaman yang cicilannya melebihi 30-50% pendapatan Anda karena akan berakibat semakin sulitnya Anda mengatur anggaran bulanan. Selain itu pastikan bahwa apabila ada dalam pinjaman yang tidak diperlukan jaminan tersebut, seringkali mewajibkan Anda untuk membayar biaya pinalti. Namun ada juga pinjaman tanpa jaminan yang tidak mengenakan biaya pinalti pada Anda jika membayar sebelum jatuh tempo contohnya pinjaman online tanpa agunan.

  • Jangka waktu angsuran.

Sebaiknya pilihlah jangka waktu angsuran yang paling pendek. Biasanya jangka waktu pinjaman ini antara 1 hingga 5 tahun saja, namun jika Anda mengambil tenor waktu yang lebih lama maka biaya pengembalian Anda jika dihitung-hitung akan sangat banyak dan bertambah. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

  • Gunakan simulasi atau kalkulasi pinjaman.

Jika Anda sudah menetapkan hati memilih meminjam tanpa agunan, jangan tergesa-gesa, buatlah perbandingan atau perhitungan dengan cara menggunakan tabel simulasi atau kalkulasi kan segala sesuatu yang berhubungan dengan hitungan pinjaman agar mendapatkan hasil pasti nominal pengembalian pinjaman. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengambil jumlah pinjaman yang sesuai dengan kemampuan Anda. Sebagai konsumen yang baik, kita harus tetap berhati-hati dalam mengambil langkah mengajukan pinjaman tanpa agunan.

0 Response to "3 Tempat Pinjaman Tanpa Agunan"

Post a Comment

wdcfawqafwef