Pengajuan dan Syarat Kartu Kredit yang Diperlukan

syarat kartu kredit
syarat kartu kredit 

Memiliki alat pembayaran lain selain uang cash bisa menjadi sebuah fasilitas yang menyenangkan. Apalagi jika fasilitas tersebut memiliki beberapa kelebihan tambahan yang tidak dimiliki oleh uang ataupun tabungan. Salah satu alat pembayaran selain uang tunai yang sering digunakan adalah kartu kredit. Kartu ini dikeluarkan oleh bank kepada nasabah yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan untuk memiliki kartu kredit. Apa saja syarat kartu kredit tersebut dan apa saja fungsinya?

Ada 2 macam kartu yang dikeluarkan oleh bank yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran yaitu kartu debit dan kartu kredit. Dari namanya kedua kartu ini memiliki sistem kerja yang berbeda. Kartu debit diberikan kepada nasabah jika nasabah memiliki sejumlah uang yang ditabung di bank tersebut. Berbelanja menggunakan kartu debit berarti mengurangi nominal uang tabungan sesuai dengan nominal belanja. Jika dana tabungan habis atau tidak cukup untuk digunakan berbelanja lagi, maka bank akan menolak proses transaksi tersebut.

Pada kartu kredit, seorang nasabah bisa memiliki atau tidak memiliki tabungan di bank tempat ia mendapat kartu kredit. Bank akan memberikan kartu kredit terhadap orang-orang yang memenuhi persyaratan yang sebelumnya telah mengajukan permintaan kartu kredit atau orang-orang yang telah dipilih oleh bank tersebut. pada kartu kredit ini, bank memberikan yang namanya plafon kredit yaitu sejumlah nominal yang dapat digunakan nasabah untuk berbagai keperluannya dengan syarat berupa pengembalian setiap bulannya. Nominal pengembalian minimal yang diminta oleh bank adalah 10% dari total penggunaan plafon kredit pada tiap bulannya. Jika nasabah belum dapat mengembalikan seluruh dana yang digunakan, maka nasabah dapat membayar sebagian asalkan nominalnya diatas batas pembayaran minimal tersebut.

Jika Anda tertarik untuk memilikinya, syarat kartu kredit untuk pengajuan bagi nasabah baru adalah:

  • Berumur minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun.
  • Memiliki pekerjaan tetap baik pegawai negeri, professional maupun wiraswasta.
  • Berpenghasilan lebih dari Rp. 3.000.000 per bulan.
  • Memiliki nomor handphone dan nomor rumah yang aktif.

Untuk persyaratan yang harus dilampirkan saat pengajuannya adalah:

  • Fotokopi KTP.
  • Slip gaji/ surat keterangan penghasilan/ fotokopi buku tabungan/ rekening koran.
  • Nomor kartu kredit bank lain jika ada.
  • Nomor NPWP jika ada.

Selain memenuhi persyaratan, Anda juga harus jeli dalam memilih bank tempat Anda akan mengajukan permohonan kartu kredit. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk memilih bank penyedia kartu kredit:

  • Jika Anda memiliki tabungan di satu bank yang juga memiliki fasilitas kartu kredit, ada baiknya Anda mengajukan kepemilikan kartu kredit di bank tersebut. Hal ini akan mempermudah proses survey dan pembayaran di kemudian hari.
  • Pilihlah bank yang memberikan bunga bulanan paling rendah karena besar bunga akan sangat menentukan besar tagihan jika Anda tidak membayar penuh tagihan bulan sebelumnya.Pilihlah bank yang memberikan banyak fitur tambahan yang berguna bagi Anda seperti promo pint belanja, promo tiket pesawat dan sebagainya.

Itulah penjelasan singkat tentang cara mengajukan dan syarat kartu kredit yang mungkin berguna bagi Anda yang ingin memiliki kartu ajaib tersebut. perlu diingat bahwa walaupun Anda memiliki kartu kredit bukan berarti Anda dapat berbelanja melebihi batas kemampuan Anda karena kartu kredit hanya memberi tempo sementara waktu sebelum kemudian menagih nya kembali bahkan dengan bunga apabila Anda tidak membayar semua total tagihan.

Referensi :


0 Response to "Pengajuan dan Syarat Kartu Kredit yang Diperlukan"

Post a Comment

wdcfawqafwef