Biaya Membersihkan Karang Gigi Dengan BPJS

biaya pembersihan karang gigi
biaya pembersihan karang gigi

Memiliki gigi putih dan bersih adalah dambaan setiap insan. Selain dapat memberikan kesan yang menarik pada penampilan, gigi merupakan bagian organ tubuh penting yang dapat mempengaruhi kesehatan organ lainnya. Oleh karena itu menjaga kesehatan dan kebersihan gigi merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Hal berbeda mungkin akan terjadi, jika gigi seseorang ditumbuhi oleh karang-karang yang dapat merusak kesehatan dan penampilan seseorang. Upaya yang pastinya dilakukan adalah membersihkan karang gigi tersebut agar kesehatan gigi dan penampilan dapat kembali seperti sedia kala. Lalu sebenarnya apa sebenarnya penyebab karang gigi dan berapa biaya pembersihan karang gigi?

Karang gigi merupakan kumpulan bakteri dan jaringan mati yang memiliki warna putih kekuningan, dimana lapisan kumpulan tersebut menempel pada permukaan gigi, dan jika lapisan tersebut dibiarkan, maka akan membentuk karang gigi. Karang gigi ini merupakan tempat atau habitat yang paling disenangi oleh bakteri, karena dapat menyuplai bahan yang diperlukan oleh bakteri dalam tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu jika karang gigi tidak dibersihkan dan dibiarkan menumpuk, maka kemungkinan besar akan tumbuhnya lubang pada gigi dapat terjadi.

Karang gigi dapat terjadi karena beberapa faktor dan pola makan yang dibentuk oleh manusia itu sendiri. Oleh karena itu mengetahui penyebab terjadinya karang gigi, akan dapat meminimalisir tumbuhnya karang gigi itu sendiri. Berikut ini beberapa penyebab munculnya karang gigi pada manusia, yang antara lain adalah:

  • Aktivitas menyikat gigi yang dilakukan dengan cara yang tidak benar, sehingga tidak dapat membersihkan semua permukaan gigi dari lapisan penyebab karang gigi.
  • Jarang membersihkan atau menyikat lidah, sehingga lapisan plak yang menyebabkan karang gigi dapat menempel ke gigi melalui lidah.
  • Kurang mengkonsumsi sayur dan buah yang terkenal ampuh untuk mencegah terjadinya plak dan karang gigi.
  • Tidak rajin berkumur atau mengkonsumsi air putih ketika selesai makan.

Ketika gigi seseorang telah terdeteksi adanya karang gigi, maka cara tertepat yang dapat dilakukan adalah membersihkan karang gigi. Untuk dapat membersihkan karang gigi yang telah menempel dalam waktu yang lama, maka dibutuhkan bantuan dari seorang ahli gigi, yang dalam hal ini adalah seorang dokter gigi, agar proses pembersihan menjadi aman dan tidak memberikan efek yang berbahaya bagi kesehatan gigi maupun kesehatan organ lainnya. Dengan beberapa treatment khusus, pastinya seorang dokter gigi akan dengan mudah dapat membersihkan karang-karang gigi yang telah lama menempel pada gigi seseorang. Untuk biaya membersihkan karang gigi yang dibebankan kepada seseorang, akan berbeda dari satu klinik dengan klinik lainnya, bergantung pada kebijakan dari klinik tersebut dan treatment khusus yang diberikan padanya.

Jika Anda memutuskan untuk membersihkan karang gigi di klinik khusus dokter gigi, maka Anda harus mempersiapkan sejumlah dana yang berkisar antara 300 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah, bergantung pada tarif yang ditetapkan oleh klinik tersebut. Namun jika Anda memutuskan untuk membersihkan gigi di PUSKESMAS maka dana yang harus Anda siapkan berada pada range antara 100 ribu hingga 500 ribu rupiah, bergantung pada treatment yang diberikan kepada Anda.

Biaya membersihkan karang gigi yang tergolong lumayan ini adalah sebuah kompensasi yang harus Kita bayar, karena nilai keteledoran yang Kita lakukan. Oleh karena itu menjaga pola hidup yang sehat, membersihkan gigi secara benar dan teratur adalah hal wajib yang harus selalu Kita lakukan. Selain untuk mencegah timbulnya karang gigi, pola hidup yang sehat pun dapat Kita raih.

0 Response to "Biaya Membersihkan Karang Gigi Dengan BPJS"

Post a Comment

wdcfawqafwef