Syarat Gadai Laptop di Pegadaian yang Perlu Diketahui

syarat gadai laptop di Pegadaian
syarat gadai laptop di Pegadaian

Laptop adalah sebuah perangkat komputer jinjing yang menjadi salah satu aset berharga yang dapat kita gunakan untuk memperoleh pinjaman di Pegadaian. Mengapa demikian? Pertama, laptop banyak dimiliki oleh orang, termasuk juga para pelajar dan mahasiswa. Yang kedua, laptop mudah dibawa tidak seperti komputer desktop yang masih membutuhkan perangkat hardware lainnya. Yang ketiga, laptop mudah dicek dan disimpan. Namun sebelum menggadaikan laptop dan berharap mendapatkan pinjaman uang Anda di Pegadaian, kenali dulu syarat gadai laptop di Pegadaian yang akan diulas di bawah ini.

Pada dasarnya ada berbagai macam benda yang dapat Anda gadaikan di Pegadaian. Mulai dari emas, televisi LCD, handphone, kamera, kendaraan dan masih banyak lagi. Namun benda yang dapat digadaikan tersebut kriterianya tidak sembarangan. Yang berarti masih ada persyaratan lain yang harus Anda penuhi saat menggadaikan barang di Pegadaian.

Salah satu benda yang paling sering digadaikan di Pegadaian adalah laptop, yang mana harganya memang dirasa paling masuk akal untuk digadaikan. Selain itu dengan menggadaikan laptop, setidaknya Anda masih memiliki gadget lain yaitu handphone. Setidaknya ada beberapa alasan mengapa Anda lebih baik memilih Pegadaian sebagai tempat meminjam uang:

  • Proses pencairan dana hasil gadai (pinjaman) relatif cepat, kurang dari 1 jam, dana Anda sudah dapat Anda ambil. Berbeda jika meminjam di koperasi atau bank, Anda harus menunggu setidaknya 1 atau 2 hari.
  • Bunga yang ditawarkan oleh Pegadaian lebih rendah jika dibandingkan gadai-gadai non resmi atau rentenir.
  • Merupakan perusahaan yang dikelola oleh negara sehingga lebih terpercaya.
  • Menerima berbagai pilihan barang untuk digadaikan, tidak tertentu pada satu produk saja.Mudah, cepat dan aman. Barang terjamin sesuai dengan perjanjian, tidak akan hilang.

Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum Anda mengunjungi Pegadaian untuk menggadaikan laptop Anda, selain dengan mengetahui apa saja syarat pinjam duit tersebut. Misalkan dengan mengecek harga pasaran laptop Anda di internet, sehingga Anda mengetahui berapa patokan uang pinjaman Anda. Misalkan jika laptop Anda seharga 3 juta, maka biasanya Anda hanya boleh meminjam sekitar 1,5 hingga 2 juta rupiah saja. Berikut ini adalah syarat gadai laptop di Pegadaian:

  • Laptop Intel core minimal i3.

Tidak semua laptop dapat digadaikan di Pegadaian, hanya yang sudah memiliki prosesor Intel core minimal i3. Jika lebih dari i3 maka akan lebih baik. selain itu biasanya juga umur laptop tidak lebih dari 3 tahun.

  • Masih ada kuitansi pembelian.

Ini merupakan syarat yang mutlak yang harus Anda miliki. Bahwasanya cari dana cepat di Pegadaian tidak mau menerima resiko jika barang yang digadaikan ternyata adalah barang hasil tindak kriminal. Jadi setelah membeli laptop, jangan pernah abaikan meminta nota pada si penjual.

  • Kondisi lengkap.

Setidaknya tak hanya laptop saja yang Anda serahkan, charger dan atau kelengkapan lain seperti dusbook juga diperlukan oleh pihak Pegadaian.

Jika sudah memenuhi syarat gadai laptop di Pegadaian, setelahnya periksalah kondisi laptop Anda, apakah ada cacat yang berarti seperti goresan atau performa laptop yang terganggu. Jika Anda sering menempelkan stiker pada laptop Anda atau malas membersihkannya, jauh-jauh hari sebelum Anda menggadaikannya, segera hilangkan dan bersihkan stiker yang menempel. Karena kondisi fisik laptop Anda juga akan berpengaruh dalam penilaian nominal barang serta tentu saja, nominal pinjaman yang akan Anda terima.

0 Response to "Syarat Gadai Laptop di Pegadaian yang Perlu Diketahui"

Post a Comment

wdcfawqafwef