Rincian Biaya Kuliah di Universitas Gunadarma

Biaya Kuliah di Universitas Gunadarma
Biaya Kuliah di Universitas Gunadarma

Untuk orang yang tinggal di Ibukota dan sekitarnya tentu saja pasti tidak asing lagi mendengar nama kampus Gunadarma. Universitas Gunadarma yang didirikan pertama kali pada tahun 1981 dengan nama PPIK (Program Pendidikan Ilmu Komputer) ini merupakan salah satu kampus favorit yang mempunyai pusat di kota Depok. Untuk kampusnya sendiri Gunadarma mempunyai 14 kampus yang tersebar di Jakarta Pusat, Depok, Jakarta Selatan, Bekasi, Jakarta Timur dan juga Tangerang. Sebelum ingin masuk kuliah dan bagi yang mempunyai cita-cita ingin kuliah di sini satu hal penting selain memperhatikan nilai sendiri adalah juga memperhatikan biaya kuliah di Universitas Gunadarma.

Apabila biaya lancar maka perkuliahan juga tidak akan terganggu sehingga Anda tinggal fokus untuk belajar dan meningkatkan IPK setiap semester nya. Sedangkan apabila biaya kuliah tidak lancar dibayarkan biasanya akan mendapat sanksi tertentu dari administrasi yang menjadikan Anda tidak dapat untuk mengikuti perkuliahan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu walaupun bukan hal yang utama karena ada banyak beasiswa yang bisa diajukan akan tetapi Anda juga harus mengetahui biaya standard ketika ingin kuliah di universitas ini.

Biaya kuliah di Universitas Gunadarma yang harus dipenuhi dan dibayarkan oleh semua mahasiswa adalah:

  • Biaya SKS yang akan diambil yang umumnya untuk S1 dikenakan biaya 250 ribu rupiah per SKS, sedangkan untuk D3 dikenakan 200 ribu per SKS kecuali untuk kebidanan yang dikenakan biaya sebesar 350 ribu per SKS. Biaya tersebut dibayarkan pada awal kuliah yaitu biaya semester yang jumlahnya tergantung jumlah SKS yang diambil pada semester tersebut.
  • BPP atau biaya penyelenggaraan pendidikan yang jumlahnya setiap semester sama hingga mahasiswa lulus kuliah.
  • Biaya sumbangan atau USP yang merupakan singkatan dari Uang Sumbangan Pembangunan yang dapat dibayarkan dicicil hingga 6 kali di awal semester.
  • Biaya pendidikan yang harus dibayarkan oleh mahasiswa berdasarkan grade ia diterima.
  • Untuk biaya yang dibayarkan lunas di awal baik untuk jenjang S1 maupun D3 akan mendapatkan potongan biaya hingga 10 persen dan juga diberikan laptop untuk menunjang perkuliahan.

Untuk pembayaran uang gedung yang harus dibayarkan mahasiswa sendiri tergantung dengan grade yang dimilikinya. Tingkatan grade yang ada di Universitas Gunadarma adalah:

  • Grade AA adalah kelas terbaik untuk mahasiswa sehingga akan mendapatkan potongan biaya yang paling besar dan untuk pembayaran uang gedungnya paling murah diantara grade yang lain.
  • Grade A adalah kelas standard dimana juga mendapatkan potongan uang gedung tetapi tidak sebesar grade AA. Untuk uang gedung yang harus dibayarkan tentu saja juga lebih mahal dari grade AA.
  • Grade B adalah kelas yang paling bawah sehingga harus membayar uang gedung paling mahal.

Untuk biaya yang dibayarkan tersebut juga akan berbeda antara program studi dan juga fakultas yang diambil. Selain itu untuk jenjang pendidikan baik S1 dan D3 juga mempunyai biaya yang berbeda sehingga calon mahasiswa harus mencari informasi khusus untuk biaya program studi atau jurusan dan fakultas yang diinginkan di Universitas Gunadarma.

Selain biaya kuliah di Universitas Gunadarma hal khusus yang harus dipertimbangkan oleh mahasiswa yang bukan berasal dari daerah tersebut dapat menghitung biaya kost dan juga biaya makan untuk kehidupan sehari-hari. Apalagi jika mahasiswa tidak mempunyai saudara yang bisa diinapi maka harus mencari tempat kost untuk tinggal di daerah sekitar kampus.

0 Response to "Rincian Biaya Kuliah di Universitas Gunadarma"

Post a Comment

wdcfawqafwef