Ragam Manfaat dan Kisaran Biaya ATM Bersama

biaya atm bersama
biaya atm bersama

Apabila Anda mempunyai kartu ATM mungkin juga memperhatikan bahwa di dalam kartu tersebut ada lambang ATM Bersama. Lambang tersebut tertera di semua bank yang dapat untuk digunakan di ATM bukan bank yang bersangkutan. Contohnya Anda mempunyai kartu ATM bank A tetapi hanya menemukan ATM bank B di dekat rumah atau juga ketika sedang pergi ke suatu tempat. Maka dalam keadaan terdesak seperti itu Anda tetap dapat melakukan transaksi di ATM dengan bank yang berbeda akan tetapi dikenakan biaya ATM Bersama.

Program ATM Bersama sendiri dikembangkan oleh PT Aplikanusa Lintasarta yang dikenal dengan LINTASARTA. Apabila dilihat dari namanya sendiri LINTASARTA berasal dari dua kata yaitu lintas dan juga arta. Lintas berarti seberang sedangkan arta dalam bahasa jawa mempunyai arti uang. Oleh karena itu lintas arta sendiri dapat dikatakan sebagai cara transaksi keuangan yang dapat dilakukan dengan lintas mesin ATM. ATM Bersama sendiri pertama diciptakan tahun 1990 dan pada tahun 2004 kemudian ARTAJASA melakukan pencapaian besar karena berhasil mengembangkan layanan transfer antar bank dengan real time online lewat ATM.

Biaya ATM Bersama yang pertama adalah biaya untuk melakukan tarik tunai. Biaya yang dikenakan untuk transaksi tersebut adalah 7500 yang dipotong dari saldo yang dimiliki oleh nasabah. Fungsi ATM Bersama untuk melakukan tarik tunai sendiri sangat bermanfaat. Seperti yang telah dijelaskan diatas apabila Anda terpaksa melakukan tarik tunai di ATM bank lain karena kondisi di bawah ini:

  • Anda sedang dalam keadaan buru-buru akan tetapi perlu untuk mendapatkan uang tunai secara segera. Sehingga tidak ada pilihan lain selain tarik tunai lewat ATM Bersama.
  • ATM yang ada di dekat rumah Anda hanya ATM dari bank lain dan ATM dari kartu dan bank Anda letaknya berada sangat jauh. Terlebih lagi hal ini dialami oleh masyarakat di desa ataupun yang sedang pulang kampung sehingga susah untuk menemukan mesin ATM bank yang diperlukan.
  • Selain itu juga karena alasan teknis seperti ATM dari bank Anda mengalami kerusakan sehingga terpaksa untuk melakukan transaksi lewat ATM Bersama dari mesin ATM bank lain.

Transaksi yang dapat dilakukan di ATM Bersama yang kedua adalah dapat untuk transfer. Transfer uang sendiri merupakan hal yang wajar dilakukan dengan mesin ATM. Hal tersebut karena Anda tidak perlu untuk mengantri di bank langsung yang dapat membuang waktu apabila sedang banyak nasabah yang membutuhkan layanan. Dengan transfer lewat ATM uang dapat sampai pada detik itu juga sehingga sangat membantu. Transfer biasanya dilakukan untuk melakukan pembayaran biaya sekolah, kuliah, dan juga ketika belanja online. Biaya transfer di ATM Bersama sebesar 6500.

Manfaat lain yang dapat dilakukan adalah cek saldo yang dapat digunakan di ATM Bersama dengan biaya 4000. Apabila Anda sedang tidak dalam keadaan terdesak sendiri akan lebih baik untuk tidak cek saldo di ATM Bersama yang beda bank. Karena walaupun hanya 4000 akan tetapi apabila terus dilakukan dapat mengakibatkan potongan biaya yang cukup besar.

Biaya ATM Bersama tersebut memang terkesan murah akan tetapi juga sebenarnya akan menguras banyak ongkos. Misalnya saja apabila Anda ingin transfer maka dikenakan biaya 6500 sementara tujuan rekening Anda juga berasal dari bank yang berbeda dari kartu ATM yang digunakan maka akan dikenakan biaya transfer antar bank sesuai dengan ketentuan. Oleh karena itu walaupun membantu sebaiknya juga bijak ketika menggunakan ATM Bersama.

0 Response to "Ragam Manfaat dan Kisaran Biaya ATM Bersama"

Post a Comment

wdcfawqafwef