Persyaratan dan Cara Mudah Pinjam Uang di Bank

Cara Mudah Pinjam Uang di Bank
Cara Mudah Pinjam Uang di Bank

Meminjam uang kepada pribadi seseorang merupakan hal yang mudah untuk dilakukan, asal Kita mengenal orang tersebut dengan baik dan Kita mempunyai kedekatan tertentu dengan orang tersebut, sehingga pribadi orang tersebut menjadi percaya kepada Kita, maka niscaya sejumlah dana yang akan Kita pinjam dapat tercairkan dengan sendirinya. Hal tersebut akan berbeda jika Kita mengajukan pinjaman kepada bank, beberapa persyaratan serta ketentuan pastinya akan Kita temui jika akan mengajukan pinjaman kepada bank. Persyaratan dan ketentuan yang wajib dipenuhi ini akan berbeda dari satu bank dengan bank yang lainnya. Untuk itu mempelajari persyaratan dan ketentuan umum yang ditetapkan oleh masing-masing bank merupakan hal wajib yang harus dilakukan sebelum mengajukan sebuah aplikasi peminjaman uang. Dengan mempelajari persyaratan dan ketentuan tersebut, maka secara tidak langsung Kita telah mempelajari cara mudah pinjam uang di bank.

Sebelum mengajukan pinjaman ke bank, ada baiknya Anda menanyakan secara detail mengenai persyaratan yang ditentukan oleh pihak bank kepada petugas yang berwenang. Tanyakanlah semua persyaratan hingga Anda benar-benar memahami persyaratan yang diwajibkan tersebut. Setelah benar-benar mengerti mengenai persyaratan yang diwajibkan oleh Bank, maka segeralah untuk melengkapi persyaratan tersebut. Namun sebelum Anda mengajukan persyaratan tersebut, sebaiknya Anda meneliti dengan seksama terlebih dahulu persyaratan tersebut.

Dengan meneliti persyaratan sebelum diajukan kepada pihak bank, maka berarti Anda telah menghemat waktu serta biaya, karena ketidaklengkapan persyaratan akan menyebabkan Anda harus bolak-balik untuk mengurusnya, selain itu proses pencairan dana akan menjadi lebih mundur lama karena persyaratan yang diajukan belum terpenuhi kelengkapannya. Adapun beberapa persyaratan yang pada umumnya diminta oleh pihak bank dalam pengajuan program kredit, antara lain adalah:

  • Fotocopy KTP.
  • Fotocopy Kartu Keluarga.
  • Fotocopy Akta Nikah.
  • Fotocopy Slip Gaji.
  • Fotocopy rekening koran ataupun buku tabungan.

Selain persyaratan umum tersebut diatas, dokumen lain yang harus Anda persiapkan adalah bukti kepemilikan dari jaminan yang akan Anda agunkan pada bank tersebut. Dokumen kepemilikan yang biasanya banyak dijadikan untuk agunan di bank yaitu BPKB, Sertifikat Tanah, Emas, Surat deposito serta benda berharga lainnnya. Agar dan pinjaman Anda dapat dicairkan dalam tempo yang singkat, ada baiknya Anda memperhatikan cara mudah pinjam uang di bank, seperti dibawah ini:

  • Sesuaikan nilai pinjaman dengan nilai perhitungan besarnya jaminan, biasanya pihak bank hanya akan mencairkan sejumlah dan dengan besaran yang tidak melebihi 50% dari nilai jual agunan.
  • Tentukan besaran angsuran perbulan dengan nilai yang sesuai dengan pendapatan perbulan yang Anda peroleh, biasanya pihak bank hanya akan meloloskan besaran angsuran yang tidak melebihi 30% dari total pendapatan per bulan.
Dalam proses pengajuan pinjaman di bank, biasanya pihak bank akan mengagendakan sesi wawancara dengan para calon nasabahnya. Pada saat proses wawancara inilah, sebaiknya Anda dapat menjawab semua pertanyaan dengan tegas dan tanpa ragu-ragu serta jawablah dengan jawaban yang jujur dan apa adanya. Jawaban yang tegas dari para calon nasabah ini yang akan meyakinkan pihak bank untuk memberikan pinjaman kepada Anda.

Jika diminta untuk memberikan nomor saudara atau kerabat yang dapat dihubungi, Anda sebaiknya memberikan nomor saudara yang benar-benar mengerti mengenai diri Anda serta kebutuhan Anda secara mendetail, karena nantinya pihak bank akan mengajukan pertanyaan secara mendetail mengenai data-data yang Anda berikan kepada pihak bank. Dengan menjalankan cara mudah pinjam uang di bank seperti diatas, peminjaman uang yang Anda ajukan pun akan cepat tercairkan.

0 Response to "Persyaratan dan Cara Mudah Pinjam Uang di Bank"

Post a Comment

wdcfawqafwef