Pendaftaran Jalur Mandiri dan Jalur Lain Masuk Universitas

Pendaftaran Jalur Mandiri
Pendaftaran Jalur Mandiri

Bagi murid sekolah yang sudah menamatkan jenjang SMA atau Sekolah Menengah Atas atau sederajat pasti sedang sangat sibuk untuk memilih universitas impian yang akan dimasuki sebagai sekolah lanjutan untuk dapat menuntut ilmu lebih tinggi lagi. Kampus yang dapat dipilih seseorang sendiri tergantung dengan konsen yang ingin dipelajarinya. Akan tetapi sebelum memilih jurusan tentu saja hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah pemilihan kampus terlebih dahulu. Ada dua kampus yang ada yaitu kampus negeri dan juga kampus swasta. Untuk di Indonesia sendiri kampus negeri menjadi impian banyak orang karena selain menawarkan mutu pendidikan yang lebih baik kampus negeri juga lebih murah untuk masalah pembayarannya. Selain itu kampus negeri juga mempunyai banyak jalur masuk untuk dapat kuliah di sana. Seperti jalur akademik dan prestasi, jalur tulis, dan juga ada pendaftaran jalur mandiri.

Untuk kampus swasta sendiri tidak ada banyak jalur melainkan membuka banyak gelombang penerimaan mahasiswa menggunakan ujian jalur mandiri. Jalur masuk yang pertama untuk dapat kuliah di universitas negeri adalah dengan mengikuti SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jalur ini menerima lebih dari 40 persen kuota yang akan dapat untuk masuk ke perguruan tinggi di Indonesia. Jalur ini menggunakan nilai rapor sebagai syarat untuk dapat lulus masuk ke kampus negeri tersebut. Oleh sebab itu bagi yang memang ingin kuliah di PTN dari awal masuk SMA sebaiknya dapat belajar sungguh-sungguh agar mendapatkan hasil rapor yang memuaskan dan dapat diterima di PTN yang diinginkan dengan jalur SNMPTN atau yang disebut juga dengan jalur undangan.

Jalur yang kedua untuk dapat masuk dan kuliah di kampus negeri adalah dengan mengambil jalur SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jalur ini biasanya diadakan setelah ada pengumuman mengenai lolos dan tidaknya seseorang dalam jalur SNMPTN. Apabila tidak lolos dalam jalur yang pertama maka Anda dapat untuk mempersiapkan diri untuk belajar lebih keras untuk mengikuti ujian tertulis yang diadakan secara serempak di kampus negeri yang ada di Indonesia. Jalur SBMPTN mengambil 30 persen dari jumlah total kursi yang ada di PTN.

Tetapi tentu saja banyak orang yang akan tidak akan lolos dalam seleksi bersama tersebut karena banyaknya minat yang mendaftar berbanding terbalik dengan peluang yang ada. Sehingga untuk jalur terakhir agar Anda dapat untuk masuk PTN adalah dengan mengikuti pendaftaran jalur mandiri yang biasanya diselenggarakan pada tahap terakhir sebelum kegiatan perkuliahan dimulai.

Jalur ujian mandiri biasanya mendapatkan porsi kursi 30 persen di PTN. Akan tetapi untuk universitas tertentu ada juga yang tidak menerima mahasiswa dengan jalur UM sehingga sebelum mendaftar dan mengandalkan UM sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kuota jalur yang ada di PTN favorit yang ingin Anda masuki. Setelah diterima dari 3 jalur tersebut maka langkah selanjutnya tinggal melakukan verifikasi sebelum Anda sah menyandang predikat sebagai mahasiswa.

Dari ketiga jalur tersebut tentu saja mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, diantaranya adalah:

  • Untuk jalur SNMPTN dan juga SBMPTN biaya kuliahnya lebih murah dibandingkan dengan pendaftaran jalur mandiri 2017.
  • Akan tetapi untuk peluangnya, jalur mandiri biasanya menawarkan peluang yang lebih besar.
  • Kelebihan dari mahasiswa yang diterima dengan jalur undangan maupun ujian tertulis adalah dapat mendapatkan kesempatan mendapatkan beasiswa yang lebih besar seperti Bidikmisi.


0 Response to "Pendaftaran Jalur Mandiri dan Jalur Lain Masuk Universitas "

Post a Comment

wdcfawqafwef