Biaya Operasi Plastik Dengan Kartu Asuransi

biaya operasi plastik
biaya operasi plastik

Belakangan ini operasi plastik menjadi bahan pembicaraan yang cukup hangat dan semakin marak saja diperbincangkan di berbagai kalangan, terutama di kalangan artis. Beberapa dari mereka malah dengan bangganya memamerkan hasil operasi plastik pada bagian tertentu dari tubuh mereka. Ada juga yang masih malu-malu bahkan ada yang membantah telah melakukan operasi plastik. Satu hal yang kita tahu pasti, biaya operasi plastik tidaklah murah.

Sejatinya, prosedur operasi plastik merupakan sebuah tindakan medis yang dilaksanakan untuk mengembalikan bentuk atau mengubah bagian tubuh tertentu yang mengalami kasus tertentu seperti cacat atau bawaan lahir seperti bibir sumbing, mengembalikan tulang hidung yang patah, luka pada kulit akibat kebakaran, terkena cairan kimia (air keras) atau kecelakaan dan masih banyak lagi. Dampak positif dan negatif dari operasi plastik antara lain:

Dampak positif atau keuntungan yang didapat setelah melakukan operasi plastik:

  • Memperbaiki bagian tubuh yang rusak akibat kecelakaan, terbakar, dan lain-lain.
  • Meningkatkan penampilan dan citra diri. Operasi plastik mengubah beberapa bentuk bagian tubuh tertentu agar nampak lebih indah misalkan dengan memancungkan hidung, menajamkan dagu, mengubah bentuk kelopak mata, meniruskan hidung hingga pengencangan lengan, perut dan dada. Sehingga menunjang penampilan seseorang.
  • Operasi plastik juga berguna menunjang karir seseorang. Dengan penampilan yang menarik, tawaran untuk menjadi model, artis dan sejenisnya akan terbuka lebar.
  • Mengatasi permasalahan kesehatan, semisal bagi mereka yang memiliki payudara yang terlalu besar dan sering mengalami nyeri pada punggung atau merasa kurang pede, setelah melakukan operasi plastik untuk mengecilkan payudara keluhan tersebut bisa diatasi.

Dampak negatif atau kerugian dari operasi plastik:

  • Biaya operasi plastik mahal, dan tidak bisa dibayarkan melalui asuransi kesehatan jika bukan terjadi karena peristiwa kecelakaan atau terbakar, setidaknya biaya untuk operasi plastik minimal 10 juta rupiah itu hanya untuk prosedur face lifting. Untuk operasi plastik yang lainnya, biayanya ada yang mencapai ratusan juta hingga milyaran rupiah tergantung beberapa faktor.
  • Kadangkala hasil operasi ternyata tidak sesuai harapan pasien. Hal ini berpengaruh dari keterampilan dan profesionalitas dokter bedah.
  • Timbul komplikasi atau memar seperti bocornya implant, nyeri, memar, mati rasa hingga pendarahan.

Akhir-akhir ini, operasi plastik memang seolah bergeser maknanya menjadi operasi kecantikan. Faktor eksternal lain adalah timbulnya tren di Korea Selatan dan negara-negara lain seperti Thailand, yang melegalkan operasi plastik sejak usia yang terbilang masih muda. Antara 16 hingga 18 tahun. Adapun yang mempengaruhi mahalnya biaya untuk operasi plastik antara lain:

  • Jenis operasi yang dilakukan.

Semakin rumit bagian tubuh yang akan digarap atau dioperasi maka biaya yang diperlukan juga lebih besar.

  • Sarana dan prasarana.

Semakin modern dan canggihnya metode serta peralatan operasi yang digunakan, misalkan minim efek samping dan bekas luka, maka sudah pasti akan mempengaruhi biaya yang harus ditanggung pasien.

  • Tempat melakukan operasi plastik.

Biaya operasi plastik juga dipengaruhi oleh tempat dilakukannya operasi plastik tersebut. Misalkan di rumah sakit swasta atau klinik kecantikan dengan dokter bedah yang profesional tentu akan lebih mahal jika dibandingkan dengan bedah plastik di rumah sakit pemerintah. Begitu juga dengan negara yang Anda pilih untuk melakukan operasi plastik. Jika Anda melakukan operasi plastik di Korea Selatan misalnya maka otomatis biayanya lebih mahal daripada operasi plastik di Indonesia.

0 Response to "Biaya Operasi Plastik Dengan Kartu Asuransi"

Post a Comment

wdcfawqafwef