5 Kiat Menimbang Bunga Perbankan dengan Bijak

Bunga Perbankan
Bunga Perbankan

Memang sudah menjadi hal lumrah banyak orang memanfaatkan fasilitas produk kredit perbankan untuk memenuhi aneka kebutuhan. Ada banyak kebutuhan yang bisa terpenuhi dengan dana kredit tersebut, mulai dari membangun atau membeli rumah, membeli mobil, dan sebagainya. Ada baiknya kenali produk kredit dengan baik termasuk masalah bunga perbankan yang wajib dicermati dengan seksama. Sebab banyak orang merasa bermasalah dengan kredit yang diambil tatkala tidak memperhatikan suku bunga yang diberlakukan. 

Produk kredit dikatakan dengan istilah “produk” karena memang menjadi salah satu cara bagi bank untuk memutar dana yang dimilikinya. Berawal dari nasabah yang mengambil kredit maka pihak bank akan mengambil keuntungan darinya. Dalam bentuk bunga kredit yang besaran nya disesuaikan dengan kebijakan bank sekaligus mengikuti aturan Bank Indonesia. Namun jika diperhatikan adanya produk kredit ini tentunya tidak hanya menguntungkan bank penyedianya namun juga kepada nasabah. 

  • Cermat Memilih Suku Bunga Pinjaman 

Mengajukan kredit di salah satu lembaga perbankan baiknya mencermati masalah suku bunga ini, sebab semakin rendah semakin menguntungkan. Mendapatkan suku bunga yang ideal perlu menimbang beberapa hal Bunga Perbankan:

  • Menentukan bank mana yang hendak dipilih, 

Bandingkan beberapa perbankan sekaligus untuk menanyakan berapa nilai suku bunga pinjaman yang diberlakukan. Pastikan memilih bank dengan suku bunga paling kecil supaya tidak terbebani dengan bunga tersebut. Pasalnya bisa jadi nilainya melebihi separuh dari jumlah pinjaman yang diambil, maka jangan sampai merugi. 

  • Berapa besar pinjaman yang diambil, 

Semakin besar pinjaman maka semakin banyak beban bunga perbankan yang akan ditanggung sehingga perlu diperhatikan saat mengambil pinjaman. Lebih nyaman mengambil nilai pinjaman sesuai kebutuhan dan tidak bermaksud menimbun uang. Menimbun uang pinjaman sama artinya membebani sektor keuangan sebab ada suku bunga yang mengikutinya. Semakin kecil pinjaman yang diambil maka semakin cepat kredit selesai sehingga bisa memanfaatkan penghasilan untuk kebutuhan lain yang juga penting. 

  • Berapa lama pinjaman tersebut dikembalikan, 

Jangka waktu kredit juga menentukan seberapa banyak suku bunga pinjaman yang harus ditanggung. Semakin besar nilai pinjaman maka akan lebih aman memilih pengembalian jangka panjang. Kenali produk kredit yang dipilih sebab jika diberlakukan suku bunga tidak tetap maka setiap tahunya ada kenaikan bunga yang meningkatkan beban kredit tersebut. Pastikan suku bunganya tetap supaya meski diangsur sampai beberapa tahun tidak semakin bertambah berat. 

  • Memberikan uang muka dalam jumlah lumayan, 

Menghindari beban bunga kredit berlebih jangan lupa menggunakan uang muka saat mengambil kredit tersebut. Sebagaimana kredit sepeda motor yang butuh uang muka, kredit pengambilan dana tunai pun demikian. Semakin besar uang muka yang diserahkan maka semakin kecil bunga yang akan ditanggung. Tentunya perlu dipersiapkan sejak awal dengan menabung sedikit demi sedikit supaya kredit bisa dicairkan. Pasalnya dengan adanya uang muka maka pihak bank akan mempercayakan produk kredit untuk diadopsi. 

  • Kenali biaya-biaya yang menyertai kredit, 

Selain suku bunga ada baiknya menanyakan biaya apa saja yang dibebankan kepada penerima kredit tersebut. Beberapa biaya perlu dibayar di muka dan beberapa bisa saja dibebankan bisa pula tidak, misalnya saja biaya denda. Denda ini akan dibebankan apabila pembayaran angsuran kredit mengalami keterlambatan. Maka untuk menghindari beragam biaya selain bunga perbankan pastikan angsuran dibayar tepat waktu. Jadikan sebagai kebutuhan nomor satu supaya menjaga reputasi kredit dan soal biaya kebutuhan lain bisa dipikirkan sambil jalan. 

0 Response to "5 Kiat Menimbang Bunga Perbankan dengan Bijak "

Post a Comment

wdcfawqafwef