Gambaran Pendaftaran Jalur Mandiri di Universitas Negeri

Pendaftaran Jalur Mandiri
Pendaftaran Jalur Mandiri 

Pendaftaran jalur mandiri merupakan salah satu pilihan yang banyak dilakukan calon mahasiswa sebelum melanjutkan pendidikan di bangk kuliah menuju Universitas Negri. Selain itu, biasanya setiap perguruan tinggi negri hanya diberikan jatah maksimal sebesar 30% dari kuota mahasiswa yang diberikan kesempatan untuk mengikuti pendaftar melalui jalur mandiri.

Jika kamu sedang ingin melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah dan ingin mencoba peruntungan dengan jalur mandiri ada beberapa hal yang perlu dikenali terlebih dahulu. Bermacam persyaratan, cara hingga mekanisme mengikuti jalur mandiri di perguruan tinggi negri pun biasanya berbeda-beda.

Tidak jarang pula setiap tahunnya setiap perguruan tinggi negri menetapkan cara dan mekanisme yang berbeda-beda. Sehingga sebagian calon mahasiswa yang ingin mengikuti jalur ini pun ragu-ragu untuk mengikuti pendidikan ke bangku kuliah dengan jalur mandiri.

Namun, sebelum mempersiapkan diri untuk mengikuti pendidikan di Universitas negri yang membuka pendaftaran jalur mandiri, penting bai kamu untuk mengetahui beberapa hal umum tentang pendaftaran mandiri ini.

Berikut tahapan umum pendaftaran jalur mandiri dari berbagai perguruan tinggi negri yang ada di Indonesia:

1. Ujian tulis mandiri, yaitu sebuah proses berupa ujian atau tes saat seleksi mandiri yang dilakukan oleh beberapa perguruan tinggi negri. Beberapa Universitas negri dengan istilahnya menggunakan cara ini diantaranya adalah Universitas Indonesia atau UI dan proses seleksi yang dikenal dengan SIMAK UI. Universita Gadjah Mada atau UGM yang dikenal dengan nama UTUL, Institut Pertanian Bogor atau IPB dengan istilah SPMK.

Selain itu masih ada beberapa Universitas negri lainnya yang menggunakan sitem ini untuk menyaring calon mahasiswa baru, diantaranya adalah  Universitas Airlangga atau UNAIR, Universitas Diponegoro atau UNDIP, Universitas Andalas atau UNAND dan lain-lainnya.

2. Proses seleksi raport. Pendaftar jalur mandiri yang satu ini dilakukan oleh beberapa Universitas dengan cara menyeleksi raport atau prestasi seorang siswa saat masih duduk di SMA. Salah satu Universitas Negri yang menggunakan cara ini adalah Universitas Gadjah Mada atau UGM yang berada di Yogyakarta.

3. Pendaftaran jalur mandiri melalui perhitungan nilai SBMPTN atau seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri. Cara lain yang dilakukan oleh perguruan tinggi negri dalam penjaringan melalui sistem mandiri adalah melihat dan menghitung nilai dari ujian SBMPTN.

Secara umum, perguruan tinggi negri tidak mengadakan tes, namun hanya melihasil SBMPTN dan kemudian membuat daftar rangking berdasarkan nilai.

Secara umum, proses seleksi ini masih akan berbeda-beda setiap tahunnya, dan bergantung pada keputusan dari masing-masing perguruan tinggi negri, tentang cara mereka merekrut mahasiswa serta mahasiswai baru.

Supaya siap dalam menjalani setiap tes yang berbeda-beda di setiap PTN, kamu pun harus menyiapkan diri sendiri agar mendulang sukses mengikuti setiap proses yang akan dikeluarkan oleh perguruan tinggi negri. Berikut beberapa tips sederhana agar pendaftaran jalur mandiri yang kamu pilih bisa berjalan sukses:

1. Tentukan Universtas dan Jurusan kamu
Setiap perguruan tinggi punya universitas dan jurusan yang berbeda-beda. Jadi sebelum mengikuti ujiannya, kamu harus menentukan terlebih dahulu universitas dan jurusan mana yang akan menjadi target. Pilih yang benar-benar sesuai dengan keinginan dan gairah kamu dalam belajar.

2. Pahami soal-soal ujian
Sebelum mengikuti ujian tentunya akan bermunculan contoh-contoh soal atau buku-buku yang berisi perkiraan soal-soal ujian masuk perguruan tinggi. Nah! Kamu harus aktif memahami soal-soal tersebut.

Tentunya, tidak semua soal yang ada di buku akan sama persis dengan soal ujian. Namun, setidaknya kamu sudah memperkirakan soal-soal seperti apa yang menjadi bahan ujian nanti. Dalam hal ini kamu dilatih membuat perkiraan dan memperhitungkan hasilnya sendiri, sehingga saat menjawab nanti kamu tidak dibebani keragu-raguan.

3. Bertanya dengan senior

Jangan sungkan untuk bertanya mengenai pendaftaran jalur mandiri UNM dengan kakak kelas atau saudara-saudara dan tentangga yang sudah pernah mengikuti ujian jalur mandiri untuk masuk ke sebuah Universitas. Cara ini akan membantu kamu untuk tetap tenang sebelum menghadapai ujian. 

0 Response to "Gambaran Pendaftaran Jalur Mandiri di Universitas Negeri"

Post a Comment

wdcfawqafwef