Waspada KTA Cepat Cair yang Menjebak


Saat ini sedang marak berbagai program pinjaman dana tunai dengan proses yang sangat mudah dan tanpa jaminan, baik yang dikeluarkan oleh bank atau pun oleh lembaga keuangan non bank. Tawaran untuk pencairan dana pinjaman melalui kredit tanpa agunan atau yang dikenal luas dengan sebutan KTA seakan berlomba-lomba untuk menarik hati para calon nasabah. Tawaran KTA cepat cair dengan proses singkat dan mudah membuat banyak kalangan yang sedang membutuhkan dana tunai tertarik untuk mencoba.

Selayaknya Anda sebagai calon nasabah harus waspada dan berhati-hati. Saat ini banyak jebakan berkedok produk KTA yang ternyata adalah praktek rentenir (lintah darat). Jebakan ini menyebabkan Anda terperangkap hutang dengan ikatan bunga yang mencekik leher dan hanya memberi keuntungan sepihak saja.

KTA yang aman dan berpayung hukum yang resmi salah satunya adalah yang dikeluarkan oleh perbankan. Selain itu banyak pihak yang mengaku sebagai perantara dari bank tertentu dan bisa memberikan pinjaman KTA. Namun tak semua pihak yang mengaku bisa memberikan fasilitas KTA itu dapat dipercaya dan kredibel. Bahkan Anda patut curiga bila pihak yang mengaku perantara Bank itu menjanjikan produk KTA cepat cair dan cepat proses dengan waktu yang lebih singkat. Bahkan terkadang tak banyak syarat yang perlu disiapkan, padahal seharusnya pengurusan KTA tidaklah sesederhana itu.

Saat ini tak hanya individu, tapi juga banyak perusahaan pembiayaan yang memberikan pelayanan jasa KTA yang mirip dengan produk KTA keluaran perbankan. Namun persyaratan juga ketentuan yang diberlakukan umumnya tak sama dengan yang dikeluarkan oleh bank. Salah satu penyebabnya adalah karena perusahaan-perusahaan pembiayaan ini tidak diikat dengan aturan yang resmi dari pemerintah dalam hal ini Kementrian Keuangan dan pihak BI.

Dengan banyaknya tawaran produk kredit dari berbagai pihak, kadang hal ini cukup membingungkan Anda sebagai calon nasabah untuk memilih. Tentunya sebagai calon debitur, Anda menginginkan bekerjasama dengan pihak kreditur yang aman dan kredibel. Di bawah ini adalah perbandingan tentang hal-hal seputar KTA dari pihak bank dan yang bukan dari pihak bank, agar bisa jadi bahan pertimbangan Anda:

  • Plafon pinjaman

Umumnya produk KTA dari perbankan memiliki nilai maksimum pinjaman (plafon kredit) di kisaran 3 juta rupiah sampai 200 juta rupiah. Sedangkan plafon kredit dari perusahaan pembiayaan non bank sangat beragam jumlahnya karena tak diikat oleh peraturan tertentu.

  • Jangka Waktu (tenor)

Tenor cicilan KTA bank biasanya berkisar antara 1 tahun sampai 5 tahun. Umumnya bank akan melihat kemampuan dan batas penghasilan bulanan nasabah baru kemudian menentukan tenor cicilan ini. Sedangkan pihak non bank umumnya menentukan tenor sesuai aturan internal perusahaan tanpa dasar pertimbangan seperti yang dilakukan bank.

  • Penerapan suku bunga pinjaman

Bank umumnya menerapkan aturan penetapan suku bunga cicilan KTA di kisaran yang telah ditentukan aturannya oleh pemerintah dan BI. Dan setiap bank membuat ketetapan tentang bunga ini secara terbuka. Sedangkan individu atau perusahaan pembiayaan biasanya menerapkan bunga yang jauh lebih tinggi dari bank. Dan karena tidak terikat aturan yang berlaku di perbankan, maka pihak perusahaan bebas menentukan besaran bunga ini dan cara penerapannya pada cicilan debitur.

  • Biaya Administrasi (provisi)

Bank umumnya menerapkan biaya provisi tahunan atau meniadakan biaya provisi bagi debitur. Sedangkan perusahaan pembiayaan menentukan besaran provisi ini sekehendak aturan perusahaannya.

Kini Andalah yang secara bijak dapat memutuskan apakah produk KTA cepat cair yang ditawarkan bisa dipertanggungjawabkan dan kredibel serta aman untuk Anda.

0 Response to "Waspada KTA Cepat Cair yang Menjebak"

Post a Comment

wdcfawqafwef