Pinjaman Uang Bank Mandiri KUR

pinjaman uang bank mandiri
Pinjaman uang bank mandiri

Modal usaha menjadi satu hal penting dalam awal sebuah usaha. Dengan modal yang cukup, maka Anda bisa membuka usaha sesuai yang Anda inginkan. Namun seringkali jumlah modal usaha tidaklah kecil sehingga menyulitkan sebagian orang untuk memilikinya. Itulah mengapa meminjam dana di bank bisa menjadi alternatif yang bisa dipilih. Jika Anda mengalami kesulitan serupa, pinjaman uang Bank Mandiri dengan Kredit Usaha Rakyat bisa menjadi pilihan bijak.

Kredit Usaha Rakyat atau KUR merupakan layanan pembiayaan atau kredit yang diberikan kepada UMKM atau koperasi layak namun belum bankable yang disediakan oleh pemerintah lewat perbankan. Usaha yang diharap memanfaatkan KUR meliputi seluruh bentuk usaha seperti perikanan, pertanian dan juga kelautan serta jasa keuangan simpan pinjam. Pada dasarnya, pemerintah menyelenggarakan KUR ini demi memberdayakan UMKMK di Indonesia, penanggulangan kemiskinan dan juga menciptakan lapangan pekerjaan.

Untuk para pelaku usaha yang ingin mendapatkan KUR tau pun KTA DKI, bisa mengikuti langkah sebagai berikut:

  1. Pastikan usaha yang Anda jalankan merupakan usaha yang produktif, misalnya usaha salon, rumah makan, kerajinan dan sebagainya.
  2. Siapkan berkas dan dokumen penting yang diperlukan. Pinjaman uang Bank Mandiri KUR harus membawa beberapa syarat berikut:
ü  Fotokopi KTP
ü  Fotokopi KK
ü  Fotokopi NPWP
ü  SIUP
ü  SKDU
ü  Fotokopi tabungan atau giro 6 bulan terakhir

  1. Setelah semua dokumennya siap, langkah selanjutnya adalah dengan mendatangi Bank Mandiri. Tanyalah ke bagian customer service terkait segala hal tentang pinjaman uang KUR tersebut.
  1. Apabila kejelasan telah Anda dapatkan, maka ikuti segala bentuk prosedur yang diberikan. Serahkan semua surat dan dokumen penting yang dibutuhkan ke pihak bank.
  2. Terakhir, perwakilan Bank Mandiri akan melakukan survey terhadap usaha yang Anda jalankan serta profil diri Anda. Setelah itu Bank akan menilai apakah usaha tersebut layak atau tidak untuk memenuhi syarat pengajuan KPR.
Dalam proses survey, Bank Mandiri membutuhkan waktu beberapa hari untuk menyelesaikan dan memutuskan apakah dana bisa cair untuk Anda atau tidak. Anda bisa coba beberapa tips berikut ini agar pengajuan KUR bisa berjalan lancar:

  1. Pastikan Anda sedang tidak mendapatkan pembiayaan jenis apapun dari pihak Bank lain seperti kredit rumah, kredit motor atau bahkan KUR itu sendiri.
  2. Ajukan KUR jika usaha Anda sudah beroperasi minimal 6 bulan, bukan tahap proposal atau sekedar rencana saja. Dengan eksistensi bisnis Anda tersebut, maka hal tersebut bisa memperkuat nilai dari Bank untuk pengajuan kredit Anda.
  3. Sesuaikan pengajuan kredit dengan kebutuhan bisnis Anda, jangan terlalu berlebihan.Bank Mandiri menetapkan batas pinjaman adalah senilai 500 juta rupiah.
  4. Usaha yang sehat bisa dicerminkan dari laporan keuangan bisnis Anda. Usaha yang sehat adalah usaha yang menguntungkan sehingga memiliki kemampuan dalam mengangsur nantinya.
  5. Meskipun kini KTA DBS dan KUR tidak mensyaratkan agunan, namun ada baiknya Anda untuk menyiapkan agunan sebagai jaga-jaga.
Dalam penyaluran produk pinjaman uang Bank Mandiri KUR ini, bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu langsung dan tidak langsung. Penyaluran langsung adalah dengan mendatangi KUR di kantor-kantor yang telah tersebar di seluruh Indonesia. untuk penyaluran secara tidak langsung, maka UMKMK bisa mengaksesnya lewat lembaga keuangan dan koperasi atau bisa juga lewat linkage program yang bekerjasama dengan pihak Bank Pelaksana KUR. Apabila masih ada informasi yang belum cukup jelas, maka jangan ragu untuk bertanya langsung kepada pihak Bank terkait.


0 Response to "Pinjaman Uang Bank Mandiri KUR"

Post a Comment

wdcfawqafwef