Perhitungan Simulasi KPR Terbaru 2016


Membeli rumah pribadi lewat program KPR menjadi solusi utama yang dapat Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal idaman yang dapat dijadikan sebagai sarana investasi di hari tua. Mengajukan program KPR dari salah satu bank sangat efektif dan memudahkan semua orang dalam memenuhi kebutuhan rumah idaman. Sebelum mengajukan kredit rumah dan pinjaman uang, ada baiknya Anda mempersiapkan persyaratan pengajuan KPR secara lengkap. Selain itu, Anda juga perlu memperhitungkan simulasi KPR untuk mengetahui gambaran proses kredit rumah yang akan dilakukan.

Pada dasarnya, ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika akan mengajukan kredit rumah supaya proses pengajuan, pembayaran dan pelunasan kredit berjalan lancar. Salah satu hal utama yang harus diperhatikan adalah biaya cicilan kredit yang Anda bayar setiap bulannya selama proses kredit berjalan. Untuk mengetahui kisaran nominal cicilan yang harus dibayar, Anda perlu melakukan simulasi perhitungan KPR sebagai gambaran. Melalui simulasi tersebut, Anda dapat mengetahui banyak hal yang mempengaruhi nilai cicilan dan harus dipertimbangkan, antara lain:

  • Harga rumah dan uang muka.

Harga rumah tentu memberi pengaruh terhadap nominal cicilan yang harus Anda bayar setiap bulan ketika mengajukan kredit rumah. Harga rumah menjadi hal utama yang menjadi bahan perhitungan KPR yang Anda ajukan. Selain itu, cara cepat dapat uang muka juga memberi perhitungan tersendiri terhadap nilai cicilan per bulan yang harus Anda bayarkan. Selisih antara harga rumah dengan uang muka menjadi hutang pokok dari proses perhitungan kredit rumah yang Anda ajukan. Itulah sebabnya memilih harga rumah dan menyerahkan uang muka perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan dilakukan dengan penuh perhitungan.

  • Jangka waktu kredit rumah.

Beberapa bank menawarkan tenor atau jangka waktu kredit yang berbeda-beda dan beragam, mulai dari 12 bulan, 36 bulan bahkan 60 bulan bisa disesuaikan dengan perhitungan masing-masing nasabah. Jangka waktu kredit rumah tersebut tentu saja mempengaruhi nilai cicilan setiap bulan yang harus dibayar sehingga pemilihan jangka waktu kredit perlu dipertimbangkan. Semakin singkat jangka waktu KPR yang diambil, maka simulasi KPR akan menunjukkan nilai cicilan perbulan yang lebih besar, namun totalnya lebih rendah. Sedangkan jangka waktu KPR yang lebih lama membuat cicilan perbulan lebih rendah, namun dengan total pengeluaran yang lebih besar.

  • Bunga kredit rumah.

Setiap bank memberikan penawaran bunga yang berbeda-beda. Hal ini membuat simulasi perhitungan KPR dari setiap bank dengan harga rumah, uang muka dan jangka waktu kredit yang sama menghasilkan kisaran cicilan perbulan yang berbeda-beda. Artinya, melakukan perhitungan simulasi kredit rumah dapat mempermudah calon debitur untuk membandingkan penawaran KPR dari masing-masing bank seperti KTA bank Danamon dan lainnya. Anda bisa membandingkan setiap penawaran KPR masing-masing bank untuk memperoleh penawaran cicilan yang terbaik dari bank terpercaya.

  • Biaya administrasi dan pajak.

Melakukan perhitungan atau simulasi sebelum mengajukan kredit KPR juga dapat dilakukan untuk mengetahui biaya administrasi, biaya provisi hingga biaya asuransi yang telah diatur oleh pihak bank. Bahkan biaya notaris dan perpajakan juga mempengaruhi simulasi sehingga menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan dan diperhitungkan ketika mengajukan KPR di salah satu bank.
Itulah berbagai macam hal yang mempengaruhi simulasi KPR atau nilai cicilan perbulan selama proses kredit rumah berjalan. Berbagai faktor di atas perlu diperhatikan dengan baik untuk memperoleh fasilitas KPR terbaik dengan nominal cicilan atau angsuran yang tepat sesuai kemampuan. Jadi, tempat tinggal idaman pun bisa segera dimiliki sesuai kebutuhan dan investasi di hari tua.

0 Response to "Perhitungan Simulasi KPR Terbaru 2016"

Post a Comment

wdcfawqafwef