Macam-macam Pinjaman Mandiri Syariah


Pertumbuhan bank di Indonesia semakin pesat sejak banyaknya bank syariah yang mulai tumbuh dan berkembang secara pesat. Kini Indonesia memiliki dua jenis bank yaitu bank konvensional serta bank syariah. Dalam perkembangannya, kedua jenis bank tersebut tentu memiliki perbedaan dalam prinsip perjanjiannya. Bank konvensional menerapkan sistem bunga dalam setiap produknya, sedangkan bank syariah menerapkan prinsip bagi hasil dan margin. Salah satu bank syariah yang memiliki kredibilitas tinggi adalah bank mandiri syariah. Produknya juga beragam seperti menghimpun dana, jasa perbankan serta menyalurkan pinjaman mandiri syariah.

Bank syariah dijalankan berdasarkan aturan Islam sehingga tidak memperbolehkan adanya bunga bagi para peminjamnya. Untuk itu konsep pinjaman oleh bank syariah sesuai dengan asas kemitraan, keadilan dan juga kesetaraan. Berikut ini beberapa kelebihan melakukan peminjaman lewat bank syariah:
  • Berprinsip sesuai syariat Islam

Ketentuan yang diberlakukan dalam segala bentuk sistem oleh bank syariah didasarkan pada norma agama Islam. Dengan begitu umat Islam bisa lebih tenang karena mampu menghindari bunga.
  • Produk bervariasi

Dengan beragamnya produk yang ditawarkan, nasabah bisa memilih pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Adil

Salah satu asas wajib di bank syariah adalah keadilan dimana tidak boleh merugikan salah satu pihak. Itulah mengapa prinsip keadilan sangat ditekankan oleh bank syariah sehingga hubungan bank dan juga nasabah terjalin dengan baik dan kekeluargaan.
  • Kesepakatan dua belah pihak

Dalam berbagai produknya, bank syariah menerapkan prinsip margin dan juga bagi hasil. Dari situ, nasabah juga berperan aktif untuk bisa ikut negosiasi sehingga terjadi kesepakatan antara dua belah pihak sehingga tidak ada yang merasa dirugikan.

Untuk bahasan kali ini adalah terkait penyaluran dana dari bank mandiri syariah. Adapun produk bank mandiri syariah diantaranya:
  • Bank syariah mandiri implant

Produk ini menawarkan pembiayaan khusus nasabah yang merupakan karyawan tetap pada perusahaan. Pengajuannya dilakukan dengan sistem kelompok atau massal. Pinjaman mandiri syariah ini bisa mengakomodir terhadap berbagai kebutuhan karyawan tetap tersebut. Akad yang digunakan dalam produk ini adalah wakalah wal murabahah khusus untuk pembelian barangnya, sedangkan khusus pemanfaatan jasa, maka menggunakan akad wakalah wal ijarah.
  • Pembiayaan kedokteran

Jenis pembiayaan ini adalah produk khusus bagi para profesional yang menekuni bidang medis atau kesehatan. Produk ini juga memberikan kemudahan bagi para praktisi kesehatan dalam memperoleh peralatan medis yang dibutuhkan. Akad dalam produk ini adalah murabahah dimana bank akan membelikan peralatan yang dibutuhkan ke supplier dan kemudian menjualnya kembali kepada nasabah sesuai dengan harga pokok dan ditambah dengan margin yang disepakati kedua belah pihak.
  • Pembiayaan edukasi

Bank mandiri syariah juga menyediakan produk pinjaman khusus untuk pendidikan. Dana pinjaman tersebut nantinya bisa digunakan untuk membayar biaya sekolah atau perguruan tinggi. Akad yang dipakai adalah akad ijarah.
  • Pembiayaan pensiunan

Sesuai dengan namanya, produk yang satu ini khusus bagi para pensiunan untuk memenuhi segala kebutuhannya. Nantinya angsuran bisa dibayarkan melalui dana pensiun yang akan langsung diambil oleh bank syariah tiap bulan. Akad yang berlaku adalah ijarah dan murabahah.

Selain beberapa produk di atas, masih ada produk pinjaman lainnya seperti pembiayaan griya BSM, pembiayaan bersubsidi, pembiayaan kendaraan motor dan juga pembiayaan umroh. Produk pinjaman mandiri syariah selalu mengutamakan syariat Islam serta asas keadilan sehingga nasabah tidak perlu takut dirugikan.

0 Response to "Macam-macam Pinjaman Mandiri Syariah "

Post a Comment

wdcfawqafwef