Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Terbaru


Tak semua orang beruntung untuk dapat lanjutkan study hingga perguruan tinggi, mengingat tak hanya otak saja yang menjadi tolak ukur disini, melainkan juga bagaimana keuangan dalam keluarga Anda. Mulai dari puluhan hingga ratusan juta sudah pasti harus dikeluarkan untuk mengenyam pendidikan di bangku yang paling tinggi tersebut. Namun bagi yang berasal dari kalangan bawah juga jangan khawatir, karena pada dasarnya ada banyak jenis beasiswa yang menanti Anda selama menjadi mahasiswa, beberapa diantaranya bahkan memberikan Anda kebebasan dalam biaya kuliah hingga tanggungan hidup, sangat menarik bukan. Namun juga harus digarisbawahi bahwa cara mendapatkan beasiswa kuliah bukanlah sesuatu yang mudah.

Ada ratusan bahkan ribuan orang yang akan bersaing dengan Anda, belum lagi dengan ketentuan atau syarat-syarat yang diberlakukan. Prestasi menjadi salah satu komponen utama yang sangat menentukan hal tersebut. Semakin bagus dan stabil IPK Anda maka banyak diantara perusahaan maupun beasiswa dari pemerintah yang akan menanti. Jadi jangan minder, meskipun berasal dari latar belakang keluarga yang kurang mampu, mengenyam pendidikan bukan sesuatu yang mustahil.

Cara mendapatkan beasiswa kuliah untuk tiap program berbeda, contohnya saja jenis beasiswa yang dikhususkan untuk dalam negeri saja, hingga paling besar memungkinkan Anda belajar ke luar negeri gratis dengan tambahan biaya hidup selama berada disana. Sebelum itu ketahui juga beberapa jenis beasiswa yang ada di Indonesia, yaitu:

  • Public of government, jenis yang satu ini tak dikhususkan bagi mereka yang hanya tengah kuliah, melainkan sudah bekerja di sebuah instansi tertentu. Karena memang hanya instansi itulah yang mau membiayai kuliah Anda. Contohnya saja pegawai dalam sebuah perusahaan yang mendapatkan kesempatan mengikuti pendidikan S2 di luar negeri.
  • Private scholarship, berbeda dengan public of government yang hanya dikhususkan bagi karyawan negeri saja, maka private scholarship ini khusus bagi sebuah instansi atau lembaga swasta. Perusahaan-perusahaan tersebut umumnya tak jarang mengirimkan karyawan atau pekerja mereka yang berprestasi untuk mengenyam pendidikan kembali.
  • Donor internasional, beasiswa ini memberikan kesempatan bagi Anda untuk merasakan pendidikan di luar negeri. Banyak diantara negara-negara maju yang menawarkan kerjasama ke Indonesia di bidang pendidikan, yaitu mereka akan membiayai anak-anak yang terpilih guna dapatkan pendidikan secara gratis, siapa saja bisa mencoba beasiswa ini.
  • Beasiswa yayasan, sama seperti namanya program scholarship tersebut memang diberikan dari sebuah lembaga tertentu, umumnya digunakan untuk membiayai mereka yang tak mampu.
  • Beasiswa dari universitas itu sendiri, jika memang tak memungkinkan bagi Anda dalam mendapatkan beasiswa yang berasal dari sebuah instansi negara tak ada salahnya mencoba masuk perguruan tinggi negeri mengandalkan beasiswa yang mereka tawarkan sendiri. Kebanyakan jalur ini dibuka paling utama yang mampu menampung beberapa anak saja guna mendapatkan pendidikan disana secara gratis. hanya saja proses seleksi yang harus dilalui juga tak bisa dikatakan mudah.

Tak ada kata menyerah hanya karena biaya, karena Indonesia termasuk negara yang sangat mengutamakan pendidikan. Apa saja mungkin untuk Anda dapatkan jika memang ada kemauan. Cara mendapatkan beasiswa Sampoerna tersebut lebih diutamakan pada prestasi Anda, meskipun beberapa diantaranya juga melihat dari latar belakang keluarga. Namun satu hal yang harus diketahui, jika keluarga termasuk kalangan yang mampu sebaiknya enyahkan keinginan merebut hak bagi orang yang lebih membutuhkan beasiswa tersebut.



0 Response to "Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Terbaru"

Post a Comment

wdcfawqafwef